Jokowi Reshuffle Kabinet: Ini Pesan APJII ke Menkominfo Baru

Crysania Suhartanto
Senin, 17 Juli 2023 | 07:55 WIB
Teknisi melakukan perawatan Base Transceiver Station (BTS) di menara milik PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) di kawasan Gunung Pancar, Kabupaten Bogor, Selasa (30/8/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Teknisi melakukan perawatan Base Transceiver Station (BTS) di menara milik PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) di kawasan Gunung Pancar, Kabupaten Bogor, Selasa (30/8/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar kabar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru pada hari ini, Senin (17/7/2023). 

Menteri baru ini nantinya menggantikan posisi Johnny G. Plate yang tersandung kasus korupsi menara BTS. Salah satu kandidat kuat yang disebut bakal mengisi posisi sebagai Menkominfo ialah Budi Arie.

Adapun, saat ini Budi Arie menjabat sebagai Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT).

Ketua Umum Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif, menyatakan bahwa masyarakat dan komunitas telekomunikasi sangat berharap agar menteri yang baru dapat menyelesaikan beberapa hal yang sedang terjadi.

“Saya ucapkan selamat kepada menteri dan wakil menteri baru yang akan dilantik Bapak Presiden, harapan besar dari kami dapat menyelesaikan beberapa hal yang sedang terjadi dan tentunya memudahkan kami juga dari sisi industri jika sudah ada menteri definitif,” ujar Arif pada Bisnis.

Adapun, terkait masalah yang tertinggal dari menteri sebelumnya, Arif berharap agar menteri baru dapat mengambil tindakan untuk percepatan dan pemerataan akses internet.

Menurut data dari APJII pada 2022, baru ada 210 juta warga yang memiliki akses internet atau masih ada lebih dari 40 juta warga Indonesia yang belum terkoneksi digital.

Selain itu, sekitar 20.000 desa dari 83.381 desa di Indonesia juga belum memiliki akses internet.

Oleh karena itu, Arif sangat mendorong pemerintah agar dapat membuat akses internet merata, yang tentunya dilakukan dengan koordinasi bersama industri terkait.

“Segera dapat berkoordinasi dan berkolaborasi dengan industri, terutama dalam hal percepatan dan pemerataan akses internet,” ujar Arif.

Kemudian, Arif juga berharap agar menteri yang baru dapat melibatkan stakeholder dalam perencanaan dan pengambilan keputusan terkait industri telekomunikasi.

Lebih lanjut, dia juga berharap adanya sejumlah pembaharuan ataupun tata kelola beberapa undang-undang, seperti UU ITE. “Dan tentunya, tata kelola terkait beberapa undang-undang yang sedang berlangsung, seperti revisi UU ITE,” tutup Arif.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan informasi yang beredar, Jokowi akan melantik Budi Arie sebagai Menkominfo baru. Adapun, saat ini Budi Arie menjabat sebagai Wakil Menteri di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper