Seluruh Bumi Bergetar Selama 9 Hari, Pasca Mega Tsunami di Greenland September 2023

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 13 September 2024 | 10:10 WIB
Planet bumi
Planet bumi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penelitian terbaru mengungkapkan tanah longsor dan mega-tsunami di Greenland pada September 2023, yang dipicu oleh krisis iklim, menyebabkan seluruh bumi bergetar selama sembilan hari.

Peristiwa seismik ini terdeteksi oleh sensor gempa di seluruh dunia namun belum pernah terjadi sebelumnya sehingga para peneliti awalnya tidak tahu apa penyebabnya.

Dilansir dari Guardian, setelah memecahkan misteri tersebut, para ilmuwan mengatakan bahwa hal ini menunjukkan bagaimana pemanasan global telah berdampak pada planet bumi dan bahwa tanah longsor besar mungkin terjadi di tempat-tempat yang sebelumnya diyakini stabil karena suhu meningkat dengan cepat.

Runtuhnya puncak gunung setinggi 1.200 meter di fjord Dickson yang terpencil terjadi pada 16 September 2023 setelah gletser yang mencair di bawahnya tidak mampu lagi menahan permukaan batu.

Hal ini memicu gelombang awal setinggi 200 meter dan aliran air berikutnya bolak-balik di fjord yang berkelok-kelok mengirimkan gelombang seismik ke seluruh planet selama lebih dari seminggu.

Tanah longsor dan mega-tsunami adalah yang pertama tercatat di Greenland bagian timur. Kawasan Arktik terkena dampak pemanasan global paling cepat, dan kejadian serupa meskipun secara seismik lebih kecil terjadi di Greenland bagian barat, Alaska, Kanada, Norwegia, dan Chile.

Dr Kristian Svennevig dari Survei Geologi Denmark dan Greenland, penulis utama laporan tersebut, mengatakan awalnya semua ilmuwan bingung dan tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan sinyal ini. Dia mengatakan getaran ini jauh lebih panjang dan sederhana dibandingkan sinyal gempa, yang biasanya berlangsung beberapa menit atau jam, dan diberi label sebagai USO, sebuah objek seismik tak dikenal.

“Ini juga merupakan peristiwa yang luar biasa karena ini adalah tanah longsor dan tsunami raksasa pertama yang kami catat di Greenland bagian timur. Hal ini jelas menunjukkan bahwa Greenland bagian timur mulai menghadapi bencana tanah longsor. Gelombang tersebut menghancurkan situs Inuit yang tidak berpenghuni di permukaan laut yang berusia setidaknya 200 tahun, menunjukkan hal seperti ini tidak pernah terjadi setidaknya selama dua abad," paparnya.

Sejumlah besar gubuk hancur di stasiun penelitian di Pulau Ella, 70 km (45 mil) dari tanah longsor. Situs ini didirikan oleh pemburu dan penjelajah bulu dua abad lalu dan digunakan oleh ilmuwan dan militer Denmark, namun kosong saat terjadi tsunami.

Fyord tersebut juga berada di jalur yang biasa digunakan oleh kapal pesiar wisata dan salah satu yang membawa 200 orang terdampar di lumpur di Alpefjord, dekat fjord Dickson, September lalu. Pulau ini dibebaskan hanya dua hari sebelum tsunami melanda, menghindari gelombang yang diperkirakan mencapai empat hingga enam meter.

Dr Stephen Hicks dari University College London, salah satu ketua tim peneliti, mengatakan ketika dirinya pertama kali melihat sinyal seismik, saya benar-benar bingung.

"Belum pernah ada gelombang seismik yang bertahan lama dan bergerak secara global, yang hanya mengandung satu frekuensi osilasi, yang tercatat.” ujarnya.

Sinyalnya terlihat sangat berbeda dengan gemuruh dan ping multi-frekuensi dari gempa bumi. Dibutuhkan 68 ilmuwan dari 40 institusi di 15 negara untuk memecahkan misteri ini dengan menggabungkan data seismik, pengukuran lapangan, citra lapangan dan satelit, serta simulasi komputer gelombang tsunami beresolusi tinggi.

Analisis yang diterbitkan dalam jurnal Science, memperkirakan bahwa 25 juta meter kubik batu dan es menabrak fjord dan menempuh jarak setidaknya 2.200 meter di sepanjang fjord.

Arah tanah longsor, yaitu 90 derajat dari panjang fjord, serta dinding saluran masuk yang curam dan sejajar dengan tikungan 90 derajat sepanjang 10 km ke bawah, semuanya membantu menjaga sebagian besar energi tanah longsor tetap berada di dalam fjord dan beresonansi begitu lama. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper