Transaksi Shopee dan Tokopedia (GOTO) Melesat Berkat Fitur Live Shoping

Crysania Suhartanto
Senin, 10 Juli 2023 | 17:28 WIB
Ecommerce/alleywatch.com
Ecommerce/alleywatch.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Shopee dan Tokopedia mencatatkan pertumbuhan transaksi seiring dengan penerapan fitur berbelanja secara live (live shoping) pada masing-masing platform. 

Shopee, situs dagang-el komersial yang bermarkas di Singapura, mengeklaim mencatatkan pertumbuhan transaksi hingga 12 kali lipat saat kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale. 

Selain itu, pada momen yang sama Shopee juga mencatat peningkatan jumlah pembeli hingga 10 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Kepala Pertumbuhan Marketing Shopee Indonesia Monica Viona mengatakan bahwa pencapaian tersebut menandakan bahwa fitur Shopee Live telah diterima dan menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat.

“Tidak hanya untuk menonton rangkaian hiburan, tetapi Shopee Live kini juga menjadi cara belanja baru yang makin diminati, khususnya pada kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale,” ujar Monica dikutip, Senin (10/7/2023). 

Selain pertumbuhan transaksi, kata Monica, dalam Shopee Live Bombastis Sale beberapa toko mencatat peningkatan penjualan harian lebih dari 50 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu.  

Adapun pada Kampanye 7.7 Shopee Live tahun ini, Raffi Ahmad dengan TokoPapaRaffi menjadi top streamer dan berhasil mencatatkan rekor penjualan, dengan total transaksi sebesar Rp7 miliar. 

Peningkatan ini tidak terlepas dari sifat Shopee live yang dilakukan pada kampanye 7.7, yang memungkinkan penjual dan pembeli untuk berkomunikasi dua arah secara real-time, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi dan pemasaran yang menarik. 

Dengan demikian, fitur live ini pun juga membuat konsumen menjadi lebih mudah dalam menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sementara itu Tokopedia, platform belanja daring yang tergabung dalam GOTO Group, mengandalkan Tokopedia Play untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin mencari pengalaman baru dan inspirasi dalam berbelanja.  

Head of Corporate Affairs Ekhel Chandra Wijaya mengatakan Tokopedia Play memberikan nilai tambah pada pengalaman berbelanja online serta memberikan perjalanan berbelanja interaktif yang menguntungkan bagi pembeli dan penjual. 

Bagi pembeli, Tokopedia Play memberikan pengalaman berbelanja yang menarik dan menghibur. Pembeli bisa mendapatkan berbagai produk kebutuhan lewat Tokopedia PLAY lewat beragam penawaran menarik. 

Sementara itu untuk penjual, Tokopedia Play memperluas dan menambah nilai strategi pemasaran digital di Tokopedia, sehingga penjual dapat membangun kesadaran terhadap merek dagangan, promosi live shoping, meningkatkan keterikatan dengan pelanggan dan lain sebagainya.  

“Berkat kehadiran Tokopedia Play, Tokopedia mencatat tingginya animo live shopping. Sepanjang kuartal I/2023, Makanan dan Minuman, Kecantikan, Perawatan Pribadi, Kesehatan, dan Fashion menjadi beberapa kategori yang paling populer di Tokopedia Play,” kata Ekhel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper