Cara Edit Pesan WhatsApp yang Salah Ketik di Android dan iPhone

Salma Permata Dewi
Kamis, 6 Juli 2023 | 16:10 WIB
Cara edit pesan chat whatsapp android dan iPhone/mybrandbook
Cara edit pesan chat whatsapp android dan iPhone/mybrandbook
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi pesan WhatsApp memiliki fitur baru untuk mengedit pesan yang sudah dikirimkan. Fitur ini tersedia untuk Android dan iOS dan belum tersedia di WhatsApp Web.

Dilansir dari Forbes, fitur edit pesan untuk WhatsApp Web masih bersifat beta dan akan tersedia setelah diujikan. Fitur edit ini bukan merupakan hal baru bagi aplikasi pesan. Telegram, salah satu aplikasi pesan, sudah memiliki fitur ini sejak lama.

Namun, WhatsApp yang memiliki basis pengguna yang lebih besar. Pengguna WhatsApp menantikan dan menyambut baik peluncuran fitur baru ini bagi pengguna android dan iPhone.

WhatsApp sudah mengumumkan fitur edit ini sejak Mei lalu, tetapi tidak semua pengguna android dan iPhone mengerti cara mengedit chat whatsapp.

Fitur edit pesan whatsapp ini memiliki ketentuan yang sama dengan fitur tarik pesan. Pengguna bisa mengedit pesan yang dikirimkan dalam batas waktu 15 menit.

Setelah menyunting pesan, tulisan ‘Telah Diedit’ atau ‘Edited’ akan tertera di bagian bawah pesan tersebut. Fitur ini berguna untuk Anda yang salah ketik kalimat pada pesan atau chat yang  telah dikirimkan. 

Cara edit pesan WhatsApp di Android dan iOS:

1. Pilih pesan yang sudah dikirimkan maksimal 15 menit yang lalu untuk diedit

2. Tekan lama pesan tersebut sampai muncul pilihan ‘Edit’ untuk iOS, sedangkan untuk Android setelah menekan lama Anda perlu menekan titik tiga di bagian atas kanan dan pilih ‘Edit’

3. Setelah menekan pilihan ‘Edit’, Anda bisa mengedit pesan yang Anda pilih tersebut. Tampilan saat sedang menyunting pesan akan seperti membuat pesan biasa. Hal yang membedakan adalah balon pesan yang ingin disunting itu akan menonjol di atas kolom chat dan latar belakangnya menggelap

4. Tekan tanda centang berwarna hijau setelah selesai mengedit pesan

5. Pesan sudah berhasil disunting!


Walaupun pesan yang disunting menampilkan ‘Diedit’ di bagian bawah pesan, riwayat pesan tidak ditunjukkan dalam aplikasi. Oleh karena itu, penerima pesan tidak akan mengetahui isi pesan sebelumnya. WhatsApp mengatakan bahwa pesan dan pengeditan yang dilakukan dilindungi oleh enkripsi ujung-ke-ujung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper