Mengenal Virgin Galactic, Perusahaan Wisata Ruang Angkasa yang Layanannya Lebih Mahal dari OceanGate

Hesti Puji Lestari
Minggu, 2 Juli 2023 | 10:04 WIB
Wisata ruang angkasa/Virgin Galactic
Wisata ruang angkasa/Virgin Galactic
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Viral sebuah layanan penerbangan ruang angkasa yang berhasil kembali mendarat ke bumi dengan selamat.

Wisata ekstrem menjadi daya tarik tersendiri bagi miliader dunia. Selain menjelajah laut dalam, wisata ruang angkasa juga cukup diminati.

Baru-baru ini, perusahaan layanan wisata bernama Virgin Galactic berhasil menyelesaikan misi penerbangannya di New Mexico pada Kamis waktu setempat.

Virgin Galactic menggunakan pesawat "kapal induk" dengan dua pilot yang lepas landas dari landasan pacu dan terbang mencapai ketinggian tinggi sekitar 80 km (50 mil) di atas gurun New Mexico..

Pesawat ini kemudian menyebarkan VSS Unity bertenaga roket yang terbang ke angkasa dengan kecepatan hampir Mach 3 (tiga kali kecepatan suara) sebelum meluncur kembali ke bumi.

Apa itu Virgin Galactic?

Dilansir dari situs resminya, Virgin Galactic adalah perusahaan pariwisata ruang angkasa swasta yang didirikan oleh pengusaha dan miliarder dunia bernama Richard Branson pada tahun 2004. 

Meski berdirinya tercatat pada tahun 2004 namun Branson mendaftarkan nama bisnis Virgin Galactic pada tahun 1999.

Virgin Galactic merupakan salah satu dari 50 perusahaan milik Branson yang membawa merek Virgin, tidak sedikit di antaranya termasuk maskapai penerbangan, jaringan hotel, dan penyedia layanan ponsel.

Perusahaan Virgin Galactic baru menjadi sorotan setelah Branson mendukung SpaceShipOne pemenang yang dirancang oleh Burt Rutan dan perusahaannya Scaled Composites.

Hadiah X menawarkan $10 juta kepada organisasi non-pemerintah pertama yang meluncurkan dua penerbangan luar angkasa berawak berturut-turut dalam beberapa minggu dengan kendaraan yang dapat digunakan kembali.

Kebetulan, SpaceShipOne berhasil melalukan dua penerbangan antara September dan Oktober 2004. Pada tahun yang sama, Virgin Galactic mulai mengiklankan penerbangan ke luar angkasa dengan harga mulai dari $200.000 (Rp3 miliar) per kursi.

Akan tetapi sekarang, harga tiket itu berada di $ 450rb (Rp6,7 miliar). Angka ini bahkan lebih mahal dari wisata kapal selam Titanic yang dibesut oleh OceanGate.

Untuk menjelajah bangkai kapal Titanic, penumpang hanya perlu membayar Rp3,7 miliar saja.

Meski harga tiketnya mahal, akan tetapi peminat Virgin Galactic cukup ramai. Saat ini setidaknya sudah ada 800 orang yang masuk ke dalam daftar antrean.

Orang-orang ini berasal dari berbagai kalangan termasuk miliader dan selebritis papan atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper