Pemanfaatan Solusi IoT XL Axiata (EXCL) untuk Pemerintahan Meningkat

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 23 Juni 2023 | 19:33 WIB
Teknisi melakukan perawatan base transceiver station (BTS) PT XL Axiata di area Jawa Tengah/XL Axiata
Teknisi melakukan perawatan base transceiver station (BTS) PT XL Axiata di area Jawa Tengah/XL Axiata
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mengeklaim solusi internet of things (IoT) perseroan makin digandrungi oleh segmen pemerintahan atau goverment. 

Sensor-sensor yang terhubung dengan jaringan internet XL Axiata membantu pemerintah daerah dalam menghadirkan kota cerdas sehingga mampu beroperasi lebih efisien.

Sayangnya, XL tidak menyebutkan efisiensi yang dirasakan oleh pemda, pun dengan pertumbuhan tahunan jumlah pengguna solusi IoT XL Axiata.  

“Terjadi peningkatan untuk solusi terkait smart city dan penggunaan produk teknologi informasi dan komunikasi mulai dari konektivitas, IoT, komputasi awan, maupun Big Data,” kata Group Head Product & Marketing XL Axiata Business Solutions Sharif Lukman Mahfoedz kepada Bisnis, Jumat (23/6/2023). 

Sharif menambahkan adapun untuk saat ini solusi XL Axiata yang paling banyak digunakan pelanggan korporasi adalah produk komunikasi seluler. 

Untuk diketahui pada kuartal I/2023 XL Axiata mencatatkan pendapatan sebesar Rp7,55 triliun atau tumbuh 12 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan tersebut mendorong laba bersih perseroan yang meloncat hingga 44 persen menjadi Rp200 miliar. 

Sharif mengatakan saat ini pemerintah pusat mengimbau daerah-daerah untuk mendigitalisasi kota-kotanya supaya pengelolaan kota lebih optimal dan lebih efisien. Hal ini menjadi katalog positif yang akan mendorong pertumbuhan business to goverment XL Axiata. 

“Kami berharap XL Axiata Business Solutions sebagai penyedia ICT yang terintegrasi bisa menjadi bagian untuk menciptakan kota cerdas yang lebih baik, aman dan bahagia,” kata Sharif. 

XL Axiata berupaya untuk terus mengembangkan layanan solusi digital dengan menerapkan teknologi terbaru. 

Melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS), XL Axiata antara lain menawarkan pemanfaatan teknologi 5G untuk pembangunan smart city di Indonesia. 

Dengan 5G, implementasi program smart city dapat lebih diakselerasi sehingga akan sangat membantu pemerintah daerah. 

 Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan sektor pemerintahan merupakan salah satu fokus XL Axiata Business Solutions tahun ini.

Perusahaan ingin membantu pemerintah daerah untuk menciptakan kota cerdas melalui solusi dan teknologi yang XL Axiata miliki. 

“Kami siap membantu dalam membangun dan menerapkan solusi-solusi menuju kota cerdas dengan teknologi IoT didukung oleh jaringan 5G,” kata Feby. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper