XL Axiata Siap Selimuti IKN Nusantara dengan Internet Cepat

Adam Rumansyah
Senin, 12 Juni 2023 | 17:20 WIB
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN – XL Axiata menunjukkan komitmennya dalam mengawal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan membangun sejumlah Mobile BTS (MBTS) 4G. Tujuannya, dengan memberikan akses jaringan komunikasi dan internet untuk para pekerja yang ada di lokasi pembangunan.

Sebanyak 4 Mobile BTS milik XL Axiata ditempatkan di area proyek pembangunan Istana Kepresidenan, Istana Wakil Presiden, dan dua lainnya di sekitar mess pekerja. Nantinya, jaringan XL Axiata di IKN akan terkoneksi dengan jaringan utama se-Kalimantan, yang juga terkoneksi dengan jaringan internasional yang sudah tersambung via SKKL Batam – Sarawak – Entikong.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan pembangunan di area IKN yang semakin masif di berbagai bidang akan sangat membutuhkan layanan telekomunikasi dan internet yang berkualitas. Apalagi, pemerintah juga semakin intens menggandeng investor untuk ikut ambil bagian membangun IKN.

“Sejak pemerintah resmi menetapkan calon IKN di Kalimantan Timur, XL Axiata secara bertahap terus menyiapkan pembangunan infrastruktur dan ekosistem jaringan di sekitar wilayah IKN. Suatu kebanggaan bagi kami bisa mendukung pembangunan calon ibu kota Indonesia yang baru ini yang merupakan mega proyek tersebut,” ujar I Gede Darmayusa.

Untuk memastikan kondisi jaringan telekomunikasi dan data XL Axiata di area proyek IKN, I Gede Darmayusa melakukan pemantauan langsung terhadap instalasi MBTS, pada Kamis (8/6).

Selain itu, dilakukan pemantauan langsung kondisi jalur kabel fiber optik di salah satu menara BTS yang berlokasi di KM 36 Jalan Semoi Sepaku, Kelurahan Sungai Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang merupakan jalur ke arah IKN.

Pihak XL Axiata mengakui tengah gencar-gencarnya membangun jaringan tulang punggung (backbone) melalui jalur kabel fiber optik di Pulau Kalimantan. Hingga saat ini, XL Axiata memiliki lebih dari 9.500 km jalur kabel fiber optik yang telah melalui Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur, termasuk sepanjang 5 km jalur kabel fiber optik XL Axiata telah melewati wilayah IKN.

Jaringan XL Axiata juga telah menjangkau sebagian besar wilayah IKN yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, yakni sebanyak lebih dari 100 BTS, termasuk lebih dari 70 BTS merupakan BTS 4G di Kabupaten Penajam Paser Utara. Tak hanya itu, sebanyak lebih dari 350 BTS di Kabupaten Kutai Kartanegara, termasuk lebih dari 230 di antaranya merupakan BTS 4G.

Sementara itu, jumlah pelanggan di Kalimantan hingga akhir Maret 2023, tercatat sekitar 2,7 juta pelanggan, dengan lebih dari 88 persen merupakan pelanggan data aktif. Jumlah tersebut meningkat sekitar 18 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Jumlah pelanggan data di Kalimantan ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan meluasnya jaringan 4G LTE XL Axiata, ditambah dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat yang berada di area perkotaan maupun pedesaan untuk memanfaatkan layanan data guna mendukung aktivitas kesehariannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Adam Rumansyah
Editor : Putri Dewi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper