Tokopedia (GOTO) Punya Tokopedia Play Hadapi Ekspansi TikTok

Khadijah Shahnaz Fitra
Kamis, 22 Juni 2023 | 13:20 WIB
Pekerja melakukan perawatan videotron yang menampilkan iklan Tokopedia di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pekerja melakukan perawatan videotron yang menampilkan iklan Tokopedia di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tokopedia, platform belanja daring yang tergabung dalam GOTO Group, mengandalkan Tokopedia Play untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin mencari pengalaman baru dan inspirasi dalam berbelanja. 

Head of Corporate Affairs Ekhel Chandra Wijaya mengatakan Tokopedia Play memberikan nilai tambah pada pengalaman berbelanja online serta memberikan perjalanan berbelanja interaktif yang menguntungkan bagi pembeli dan penjual.

Bagi pembeli, Tokopedia Play memberikan pengalaman berbelanja yang menarik dan menghibur. Pembeli bisa mendapatkan berbagai produk kebutuhan lewat Tokopedia PLAY lewat beragam penawaran menarik.

Sementara itu untuk penjual, Tokopedia Play memperluas dan menambah nilai strategi pemasaran digital di Tokopedia, sehingga penjual dapat membangun kesadaran terhadap merek dagangan, promosi live shoping, meningkatkan keterikatan dengan pelanggan dan lain sebagainya. 

“Berkat kehadiran Tokopedia Play, Tokopedia mencatat tingginya animo live shopping. Sepanjang kuartal I/2023, Makanan dan Minuman, Kecantikan, Perawatan Pribadi, Kesehatan, dan Fashion menjadi beberapa kategori yang paling populer di Tokopedia Play,” kata Ekhel kepada Bisnis, Kamis (22/6/2023). 

Selain Tokopedia Play, kata Ekhel, ada juga program Tokopedia Affiliate untuk mempermudah siapa pun menjadi influencer berkomisi dan memperoleh pendapatan tambahan dengan cara merekomendasikan produk atau toko di Tokopedia melalui media sosial, serta memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran para pegiat usaha. 

 Pengguna Tokopedia Affiliate (disebut Affiliate) dapat meraih komisi hingga 10 persen maksimal Rp50.000 ketika produk berhasil terjual dari link khusus yang dibagikan. Komisi Rp50 juga didapatkan dari setiap kunjungan tervalidasi (page visits) ke halaman produk atau toko yang dipromosikan Affiliate. 

 Selain itu, penjual terpilih di Tokopedia bisa memberikan komisi tambahan kepada Affiliate yang mengarahkan pesanan ke toko mereka. 

Lewat fitur 'Dipromosikan Affiliate’, penjual bisa memberikan hingga 20 persen komisi tambahan. Komisi tambahan dari penjual dapat dilihat oleh Affiliate melalui Portal Afiliasi yang juga menampilkan metrik kinerja serta berbagai materi pembelajaran yang dapat diakses oleh Affiliate.

 “Kami juga melihat tingginya animo masyarakat pada Tokopedia Affiliate. Jumlah Affiliate mengalami peningkatan sebesar hampir 6 kali lipat dalam kurun waktu kurang dari satu tahun,” kata Ekhel. 

Sementara itu, TikTok terus mendorong penetrasi mereka di Indonesia. Tidak hanya menghubungkan individu dengan individu, TikTok melompat lebih jauh dengan membuka platform agar individu dapat melakukan transaksi jual-beli lewat TikTok Shop. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper