STT GDC Indonesia dan Temasek Panaskan Bisnis Data Center di Jawa Barat

Rahmad Fauzan
Rabu, 21 Juni 2023 | 20:33 WIB
Ilustrasi data center.
Ilustrasi data center.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT ST Telemedia Global Data Centres Indonesia (PT STT GDC Indonesia) meluncurkan pusat data pertamanya, STT Jakarta 1, di Bekasi, Jawa Barat.

Fasilitas tersebut merupakan buah kerja sama perusahaan dengan perusahaan investasi global Temasek dan konglomerat lokal Indonesia Triputra Group.

Chief Executive Officer Asia Tenggara STT GDC Lionel Yeo mengatakan layanan pusat data berkapasitas hingga 72 megawatt tersebut menyasar sektor pemerintahan serta perusahaan swasta.

"Pendekatan pasar yang strategis, inisiatif yang berkelanjutan, dan keunggulan operasional kami memungkinkan pelanggan untuk mengoptimalkan aset mereka yang paling berharga, yakni data,” kata Yeo lewat siaran pers, rabu (21/6/2023).

Berdiri di lahan seluas 18.000 meter persegi, pusat data STT Jakarta 1 menawarkan layanan yang memenuhi kebutuhan berbagai perusahaan seperti komputasi awan, teknologi, perbankan dan sektor keuangan lain, penyedia konten, gim, serta dagang-el (e-commerce). 

Beberapa fasilitas inti yang dimiliki STT Jakarta 1 antara lain pengawasan keamanan 24 jam, pelacakan pergerakan di tempat, dan kontrol akses biometrik.

Kemudian, desain bangunan SNI1726:2019 disebut meningkatkan ketahanan pusat data terhadap kejadian seismic atau gempa bumi yang kerap terjadi di Tanah Air.

Selain itu, pusat data tersebut dilengkapi graphics processing unit (GPU) guna mendukung gelombang permintaan yang muncul seiring dengan perkembangan artificial intelligence (AI).

“STT Jakarta 1 yang berlokasi di dekat jalan tol Jakarta-Cikampek menyediakan konektivitas yang sangat baik ke rute transportasi dan logistik internasional,” ujarnya.

Dia menambahkan, kerja sama dengan beberapa perusahaan lokal dan global seperti memungkinkan STT Jakarta 1 melayani kebutuhan konektivitas domestik, regional, dan internasional.

Sekadar informasi, SST GDC menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan meliputi PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave), PT Lightstorm Indonesia Telekomunikasi (Lightstorm), PT PGAS Telekomunikasi Nusantara, serta PT Sinergi Inti Andalan Prima (Sinergy Networks).

Adapun di Jawa Barat sendiri telah terdapat beberapa pemain pangkalan data atau data center seperti EDGE, DCII, Telkom, Area31 dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper