Satelit Satria-1 Meluncur, Mahfud MD: Solusi Internet Wilayah 3T

Rahmi Yati
Senin, 19 Juni 2023 | 11:26 WIB
Peluncuran Satelit Satria-1 menggunakan roket Falcon 9./ Dok. Kemenkominfo
Peluncuran Satelit Satria-1 menggunakan roket Falcon 9./ Dok. Kemenkominfo
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mahfud MD mengeklaim Satelit Satria-1 yang sukses meluncur hari ini dapat memeratakan akses internet di wilayah tertinggal, terdepan dan terpencil (3T).

Dia menyebut satelit yang mengangkasa pada pukul 18.21 waktu Florida, Amerika Serikat atau pukul 05.21 WIB itu merupakan satelit internet pertama milik Indonesia yang diluncurkan oleh roket Falcon 9 milik SpaceX dari landasan Cape Canaveral, Florida, AS.

"Fungsi Satelit Satria-1 ini adalah untuk meratakan akses internet terutama untuk keperluan pendidikan, kesehatan, layanan publik untuk masyarakat, untuk TNI, untuk Polri di seluruh wilayah Tanah Air, khususnya di wilayah 3T," ujarnya dalam sebuah keterangan video, Senin (19/6/2023).

Mahfud pun membantah pendapat yang menyebut peluncuran Satria-1 tidak ada gunanya. Sebab menurutnya, satelit akan melayani wilayah 3T yang sebelumnya belum terlayani akses internet cepat.

"Terutama untuk itu tadi, untuk sekolah, rumah sakit, untuk kantor-kantor pemerintah di wilayah terpencil, pos-pos TNI dan Polri di wilayah terpencil, terluar, dan tertinggal," imbuhnya.

Adapun Kemenkominfo memastikan Satelit Satria-1 resmi beroperasi mulai Januari 2024. Pasalnya, Kepala Badan Litbang SDM Kemenkominfo Hary Budiarto mengatakan satelit tersebut tidak dapat langsung beroperasi.

Dia menuturkan, Satelit Satria-1 diperkirakan baru mencapai orbitnya, yakni 146 Bujur Timur pada November 2023. Baru pada pekan keempat Desember 2023, Satelit Satria-1 sudah terhubung dengan 11 stasiun bumi yang berada di wilayah Indonesia.

"Januari 2024 resmi beroperasi secara bertahap," katanya dalam siaran akun YouTube Kemenkominfo, Senin (19/6/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper