Ini Dia Fitur Terbaru Whatsapp, Bisa Dapat Notifikasi Saat Buka Aplikasi

Khadijah Shahnaz Fitra
Selasa, 13 Juni 2023 | 08:25 WIB
Ilustrasi WhatsApp./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Ilustrasi WhatsApp./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp saat ini sedang mengerjakan fitur baru yang akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan notifikasi ketika saluran (Channels) tersedia. 

Fitur baru WhatsApp ini masih dalam tahap pengembangan dan hanya tersedia bagi para penguji beta di negara-negara Channels saat ini diluncurkan.

Dilansir dari PhoneArena,Selasa (13/6/2023), WhatsApp mengumumkan fitur baru Channels minggu lalu.

Fitur ini membantu pengguna untuk mengikuti topik dan saluran yang diinginkan melalui feed. Fitur ini mirip dengan apa yang ada di Twitter dan Telegram. Fitur Channels terpisah dari menu obrolan yang ada.

Sayangnya, fitur ini diluncurkan dalam kapasitas terbatas dan saat ini hanya tersedia di Singapura dan Kolombia. WhatsApp berjanji akan segera meluncurkan fitur Channels di negara-negara lain.

Namun, keterbatasan inilah yang memungkinkan orang-orang di WaBetaInfo untuk menemukan fitur baru yang terkait dengan Channels.

Fitur ini berupa sebuah notifikasi yang memberi tahu Anda kapan Anda bisa berlangganan sebuah Channels.

Fitur ini saat ini sedang diuji coba dalam versi 2.23.12.20 dari WhatsApp Beta, yang tersedia melalui Play Store bagi mereka yang terdaftar dalam program beta. 

Menariknya,  ketika fitur Channels diluncurkan, pengguna yang memiliki akses ke fitur tersebut membagikan tautan undangan yang berakhir di tangan pengguna yang tidak memiliki akses ke fitur tersebut. 

Pada awalnya, hal ini menghasilkan pesan umum yang menyatakan bahwa fitur tersebut belum tersedia.

Namun, pada versi beta terbaru ini, notifikasi generik telah diubah dan sekarang terlihat lebih halus. Selain desain ulang yang mewah, notifikasi sekarang juga menyertakan opsi bagi pengguna untuk mengetuk 

"Beri tahu saya" untuk ditambahkan ke daftar tunggu. Setelah saluran tersedia untuk akun pengguna, pengguna akan menerima notifikasi untuk bergabung.

Belum jelas kapan Channels akan tersedia untuk pengguna di luar Singapura dan Kolombia.

Namun, fakta bahwa WhatsApp sedang mengerjakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk diberitahu ketika saluran tersedia menunjukkan bahwa mereka berencana untuk meluncurkan fitur tersebut ke audiens yang lebih luas dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper