Lanjutkan Tradisi, Kemenkominfo Cari Dirut Bakti Baru dari Kalangan Profesional

Rahmi Yati
Minggu, 4 Juni 2023 | 18:11 WIB
Ilustrasi menara telekomunikasi./Bloomberg
Ilustrasi menara telekomunikasi./Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) masih mencari sosok yang tepat untuk menduduki jabatan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), dengan memberi kesempatan bagi seluruh kalangan termasuk profesional. 

Dalam dokumen yang diterima Bisnis, Kemenkominfo melaksanakan seleksi terbuka untuk jabatan Direktur Bakti, yang dapat diikuti oleh berbagai kalangan. 

“Kemenkominfo melaksanakan seleksi terbuka untuk jabatan Direktur Bakti yang dapat diikuti oleh masyarakat umum, baik PNS maupun tenaga profesional yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi dengan ketentuan sebagaimana pengumuman terlampir,” tulis dalam dokumen tersebut dikutip, Minggu (4/6/2023). 

Surat tersebut ditujukan kepada seluruh asosiasi di bidang telekomunikasi seperti  Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (Atsi), Asosasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel), Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Asosasi Satelit Indonesia (Assi). 

Adapun langkah Kemenkominfo dalam melibatkan kalangan profesional untuk mengisi jabatan direktur juga pernah dilakukan pada 2016. Saat itu, Mantan Ketua Umum APJII Samuel Abrijani Pangerapan diangkat menjadi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo. 

Lelaki yang akrab disapa Semmy itu mengalahkan Barry Simorangkir dan Indra Utoyo. Pada tahap seleksi tersebut, Indra masih menjabat sebagai Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom. 

Lebih lanjut, dikutip dari pengumuman resmi Kemenkominfo, Minggu (4/6/2023), tahapan pendaftaran dibuka mulai 31 Mei hingga 14 Juni 2023. Peserta seleksi dapat mengirimkan berkas kelengkapan administrasi melalui laman seleksi.kominfo.go.id.

Sebelumnya, Kemenkominfo telah melakukan seleksi terbuka untuk mengisi jabatan tesebut. Namun, setelah dilakukan proses seleksi dan asesmen terhadap kandidat yang telah mendaftarkan diri, belum ditemukan calon yang tepat dan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Panitia seleksi pun memutuskan melaksanakan seleksi terbuka ulang. Sejauh ini, sudah terdapat tujuh orang yang mendaftar sebagai calon Dirut Bakti Kemenkominfo.

Berikut jadwal lengkap tahapan seleksi ulang jabatan Dirut Bakti tersebut:

1. Pengumuman pendaftaran 31 Mei hingga 14 Juni 2023

2. Penerimaan berkas lamaran 31 Mei hingga 14 Juni 2023

3. Pengumuman hasil seleksi administrasi 23 Juni 2023

4. Tahap penulisan makalah 26 Juni 2023

5. Pengumuman hasil Tes Penulisan Makalah 5 Juli 2023

6. Assessment test 10 hingga 11 Juli 2023

7. Pengumuman hasil assessment 31 Juli 2023

8. Tahap Wawancara 3 hingga 4 Agustus 2023

9. Pengumuman Tiga Besar Hasil Seleksi Tahap Wawancara 14 Agustus 2023

10. Wawancara dengan Menteri (tentatif)

11. Pengumuman hasil akhir 21 Agustus 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper