Covid-19 Hilang, Titipku Tetap Optimis Bisnis E-Grocery

Khadijah Shahnaz Fitra
Rabu, 31 Mei 2023 | 14:22 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Titipku, startup e-grocery, optimis bisnis vertikal tersebut di Indonesia dapat bertahan meskipun Covid-19 tidak lagi menjadi pandemi.

CEO dan Founder Titipku Henri Suhardja mengatakan kembalinya aktivitas masyarakat di satu sisi bisa dipandang sebagai ancaman bagi usaha online grocery yang menjamur selama pandemi.

“Tak bisa dipungkiri bahwa ada masyarakat yang belanja langsung ke pasar. Namun, saya melihat bahwa di 2023 ini sudah ada tiga kelompok konsumen,” ujar Henri dalam keterangan resmi, Rabu (31/5/2023).

Kelompok pertama adalah kelompok yang kembali belanja langsung ke pasar. Kedua, adalah kelompok yang tetap belanja daring karena sudah merasakan kemudahannya. 

Kelompok ketiga adalah kelompok keluarga baru atau pekerja baru yang memilih belanja daring guna bisa fokus ke kerjaan atau newborn baby (keluarga).

“Jadi, tetap akan ada yang belanja grocery secara daring,” tambah Henri.

Melihat pola konsumen ini, Henri merasa yakin dan optimis bahwa online grocery tetap potensial dan akan terus berkembang, baik di ranah nasional maupun global. Ditambah, Henri juga meyakini tentang adanya regenerasi konsumen yang lebih fasih digital.

Online grocery ini akan terus meningkat karena saat ini masyarakat kita didominasi Milenial yang sudah fasih digital, dan kedepannya akan didominasi Gen Z yang memang menjadi digital native. Generasi ini lah yang akan punya pikiran kalau bisa belanja online ya belanja online aja,” jelasnya.

Titipku pun melakukan adaptasi  untuk mempertahankan bisnis, seperti berpindah dari bisnis model B2C ke B2B maupun mengadaptasi model bisnis omnichannel O2O (online to offline).

Henri juga mengakui bahwa usaha Titipku juga beradaptasi dengan melebarkan sayap bisnis ke B2B2C model. Saat ini Titipku tidak hanya fokus ke pemenuhan kebutuhan konsumen rumahan, tapi juga fokus ke pemenuhan kebutuhan produk dagangan para pedagang di pasar maupun ke pemenuhan kebutuhan bahan pangan usaha hotel, restoran, dan kafe atau usaha horeka.

“Bedanya, Titipku tidak menggunakan sistem warehouse seperti kebanyakan usaha B2B ataupun O2O. Warehouse Titipku ya para pedagang pasar dan supplier produk bahan pokok itu sendiri,” kata Henri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper