XL Axiata Genjot Kecepatan Internet, Operasikan 94.380 BTS 4G

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 18 Mei 2023 | 11:06 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. telah meningkatkan jumlah BTS 4G menjadi ­­­94.380 unit pada kuartal I/2023 seiring dengan target perusahaan untuk meningkatkan kecepatan internet dan kualitas jaringan.

Jumlah base transceiver station (BTS) 4G XL Axiata tumbuh sebesar 12,5 persen pada kuartal I/2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan perseroan terus berinisiatif meningkatkan kualitas jaringan yang dimiliki dengan membangun lebih banyak BTS dan fiberisasi.

Pada kuartal I/2023, XL Axiata mengoperasikan 147.516, dengan jumlah BTS 4G sebanyak ­­­94.380 unit. Jumlah BTS 4G ini tumbuh dua digit dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 55 persen (fiberized).

Peningkatan kualitas jaringan terus XL Axiata lanjutkan setelah berhasil mengantar XL Axiata menutup tahun lalu dengan kemenangan di empat kategori survei independent Opensignal periode Desember 2022.

“XL Axiata menjadi yang terbaik di antara semua operator Indonesia untuk kategori pengalaman kecepatan unduh, pengalaman video, pengalaman gim, serta pengalaman aplikasi voice,” kata Dian, dikutip Kamis (18/5/2023).

Keseriusan XL Axiata memperkuat jaringan, lanjut Dian, juga tercermin dari pengalokasian mayoritas dari Rp8 triliun dana belanja modal (Capex) untuk mendukung kebutuhan ekspansi jaringan.

Dari sisi kinerja, Dian mengatakan perseroan menutup kuartal pertama 2023 dengan total pelanggan sebanyak 57,9 juta, dengan pencapaian blended ARPU (average revenue per user) yang juga meningkat dari Rp36.000 di periode yang sama tahun sebelumnya menjadi sebesar Rp40.000. 

Meningkatnya blended ARPU ini selaras dengan fokus perusahaan untuk meraih dan mempertahankan pelanggan yang produktif. Selain itu, strategi transformasi digital 2.0 yang dijalankan XL Axiata termasuk dalam mengembangkan pengalaman pelanggan lewat aplikasi MyXL dan AXISNet terbukti efektif. 

“Kedua aplikasi telah memberikan hasil yang sangat kuat hingga kuartal pertama 2023. Tercatat lebih dari 26 juta pelanggan telah aktif menggunakan MyXL dan AXISNet, dengan pertumbuhan Monthly Active User (MAU) mencapai 47 persen YoY,” kata Dian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper