Laporan dari Singapura: AWS Bangun Pusat Data Region Malaysia

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 4 Mei 2023 | 15:25 WIB
Managing Director AWS Asean Conor McNamara memberi pemaparan pencapaian AWS, Singapore, Kamis (4/5/2023). / Dok. AWS
Managing Director AWS Asean Conor McNamara memberi pemaparan pencapaian AWS, Singapore, Kamis (4/5/2023). / Dok. AWS
Bagikan

Bisnis.com, SINGAPURA - Amazon Web Services (AWS) berkomitmen mendukung adopsi digital di pemerintahan dan sektor publik dengan menghadirkan infrastruktur serta layanan komputasi awan terdepan.

Raksasa teknologi yang bermarkas di Amerika Serikat itu juga terus meningkatkan investasinya di Asia Tenggara dengan membangun pangkalan data. Terbaru, AWS berencana menghadirkan pangkalan data region Malaysia dan Thailand.

Regional Managing Director, Asean, Worldwide Public Sector, Eric Conrad mengatakan setiap negara di Asean memiliki kondisi yang berbeda, termasuk dalam mengadopsi komputasi awan. AWS terus berupaya untuk mendukung percepatan transformasi digital negara-negara tersebut.

“Kami akan terus berusaha membantu pemerintah dan sektor publik dalam mengadopsi komputasi awan, sehingga mereka makin inovatif, bergerak makin cepat dan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik,” kata Eric, dalam acara AWS Summit 2023, Kamis (4/5/2023).

Eric juga mengatakan bahwa sektor pelayanan publik saat ini telah mengarah pada fase baru dalam transformasi digital.

AWS memastikan akan hadir dalam fase baru tersebut dan akan bekerja sama dengan para mitra di sektor publik untuk membantu jalannya transformasi agar lebih efektif.

“Kami mempercayai cloud akan membantu pemerintah dan organisasi sektor publik dalam mewujudkan prioritas nasional, meningkatkan kehidupan warganya, dan pertumbuhan ekonomi,” kata Eric.

Sejak hadir pada 2009 di Singapura, AWS terus meningkatkan investasinya di Asean dan membangun lebih banyak region. Pada Oktober 2021, AWS membuka pangkalan data wilayah (region) di Jakarta dan berkomitmen berinvestasi sebesar US$5 Miliar untuk 15 tahun ke depan.

Investasi tersebut akan digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti membangun pangkalan data, operasional, hingga pembelian jasa dan barang dari para pelaku di dalam negeri. Berdasarkan riset AWS, investasi yang digelontorkan akan menciptakan 27.400 lapangan pekerjaan, baik langsung maupun tidak langsung, setiap tahunnya dalam 15 tahun ke depan.

Tidak berhenti sampai di situ, pada 2022 AWS menyampaikan akan membangun region komputasi awan baru yang berada di Bangkok. Region komputasi awan AWS di Bangkok akan terdiri dari tiga zona ketersediaan, sama seperti region Jakarta, dan menjadi fasilitas pertama di Thailand.

AWS juga untuk berencana menginvestasikan US$5 miliar di Thailand, yang akan digunakan untuk mendukung pengembangan usaha rintisan tahap awal di negara Asean dan peningkatan keterampilan sumber daya manusia.

Kemudian pada tahun yang sama, AWS mengumumkan akan membangun zona lokal di Filipina dan Vietnam, untuk memenuhi komitmen AWS 10 zona lokal agar tercipta proses data yang lebih cepat dan peningkatan produktivitas.

Terbaru, pada Maret 2023, AWS mengumumkan akan berinvestasi sebesar US$5,7 miliar di Malaysia hingga 15 tahun ke depan, untuk pengembangan infrastruktur komputasi awan dengan tiga zona ketersediaan. Infrastruktur komputasi awan tersebut akan membantu dalam menjalankan aplikasi dan menyimpan data dengan aman, dengan akses cepat ke layanan AWS.

Managing Director AWS Asean Conor McNamara mengatakan investasi yang digelontorkan, turut mengakselerasi pertumbuhan di region-region tersebut. Infrastruktur dan layanan lokal yang dihadirkan mendorong percepatan transformasi digital dan membuka lapangan kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dalam mendukung transformasi digital di sejumlah negara Asia Tenggara, AWS juga menggelar AWS Summit 2023 secara luring di Singapura. Acara AWS Summit 2023 berisi lebih dari 55 sesi dan lokakarya15 zona pengalaman50 Asean Customer Featured  dan lebih dari 35 sponsor serta mitra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper