Berkah Lebaran, Pengunjung E-Commerce Kembali Naik

Khadijah Shahnaz Fitra
Senin, 1 Mei 2023 | 19:23 WIB
Ilustrasi konsumen yang berbelanja secara daring melalui e-commerce di ponsel mereka/Freepik
Ilustrasi konsumen yang berbelanja secara daring melalui e-commerce di ponsel mereka/Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengunjung e-commerce atau marketplace kembali melonjak ketika adanya bulan ramadan dan lebaran. Sebelumnya pengunjung e-commerce pada Januari dan Februari 2023 menunjukan tren penurunan.

Berdasarkan data dari SimilarWeb, Senin (1/5/2023), pada bulan Maret 2023, lima e-commerce terbesar di Indonesia menunjukan peningkatan pengunjung. 

Shopee, e-commerce asal Singapura pada bulan Maret menunjukan peningkatan 10 persen dibandingkan bulan sebelumnya dari 143,6 juta menjadi 159 juta kunjungan. 

Bukan hanya Shopee, e-commerce lokal Indonesia seperti Tokopedia juga menunjukan peningkatan pengunjung  sebesar 6 persen (month to month/mom) dari 108,1 juta ke 114,9 juta pengunjung. 

Di posisi ketiga ada e-commerce milik Alibaba, Lazada menunjukan peningkatan 13 persen mom  dari sebelumnya 74,2 juta menjadi 84,3 juta pengunjung.

Sedangkan Blibli.com, e-commerce milik Djarum menunjukan peningkatan 5 persen mom menjadi 24,5 juta pengunjung dari sebelumnya 23,2 juta. Terakhir Bukalapak, menunjukan tren yang sama dengan bulan Februari yaitu 17,1 juta kunjungan.

Sebelumnya pun, Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) optimis transaksi e-commerce akan naik pada Ramadan dan Lebaran 2023.

Ketua Umum idEA Bima laga menjelaskan biasanya menjelang ramadan dan lebaran, anggota dari idEA memberikan insentif berupa promo atau diskon untuk pelanggan. "Kami optimis transaksi akan naik menjelang Lebaran," ujar Bima, beberapa waktu lalu.

Belum lama ini pun, tokopedia dan Shopee mencatatkan adanya kenaikan transaksi selama bulan ramadhan mencatatkan kenaikan transaksi.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan untuk waktu transaksi, Tokopedia tidak mencatatkan adanya jam spesifik adanya peningkatan transaksi. Di sisi lain, Tokopedia melihat tingginya animo masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan Ramadan. 

Data internal Tokopedia mencatat berbagai temuan menarik selama dua minggu awal Ramadan 2023 (23 Maret-5 April 2023), dibandingkan dengan rata-rata dwimingguan biasa sepanjang kuartal I/2023.

"Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga, Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman menjadi kategori produk paling laris di Tokopedia," ujar Ekhel kepada Bisnis.com, Rabu (19/4/2023).

Sedangkan untuk produk paling laris di Fesyen ada,baju koko pria (meningkat lebih dari 5x lipat), scarf wanita (meningkat hampir 6x lipat) dan busana muslim keluarga (meningkat lebih dari 7x lipat). Di otomotif ada spare part mobil, produk perawatan mobil dan produk interior mobil. Produk interior mobil (kasur mobil, tempat tisu dan bantal mobil) mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat.

Sedangkan di Rumah Tangga ada produk perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti toples makanan, aluminium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue).

Di perawat diri pun, parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi terlihat meningkat.

"Makanan dan Minuman: hampers atau parsel, buah dan tepung, dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari 2x lipat. Buah kurma peningkatan penjualannya tercatat lebih dari 3x lipat," jelasnya.

Sementara itu, Shopee, e-commerce milik Sea Group mengatakan adanya tren belanja terbaru di bulan Ramadan 2023. Shopee mengklaim adanya peningkatan transaksi belanja online lebih dari 16 kali lipat pada waktu sahur dibandingkan dengan waktu yang sama hari biasa.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan di bulan Ramadan selain menyiapkan diri untuk berpuasa dan ibadah dengan maksimal, masyarakat juga semakin antusias dalam berburu berbagai kebutuhan dan produk incarannya.

Salah satu yang menjadi menjadi perhatian yaitu perkembangan tren fashion yang muncul selama kampanye Big Ramadan Sale 2023. Pasar busana muslim pun semakin diminati, kategori Fashion Muslim mengalami peningkatan transaksi yang mencapai lebih dari 9 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa.

Kebiasaan masyarakat yang ingin membeli pakaian baru maupun perlengkapan ibadah agar tetap tampil maksimal dan fashionable di setiap aktivitas Ramadan.

"Terlihat dari produk favorit pengguna yaitu Gamis Crinkle, Pashmina Ceruty, dan Baju Koko Kurta yang paling banyak dibeli di Shopee," ujar Monica dalam keterangan resmi, Selasa (11/4/2023).

Shopee juga melihat menjelang Lebaran, kegiatan mengirim hampers ke sanak keluarga atau kerabat menjadi salah satu tradisi dan tren yang kerap dilakukan untuk menjaga silaturahmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper