Siaran TV Analog di Medan dan Makassar Padam Usai Lebaran

Rahmi Yati
Senin, 17 April 2023 | 11:58 WIB
TV Digital. Reuters
TV Digital. Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana memadamkan siaran TV analog di Medan dan Makassar pada Mei 2023.

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Infomatika (Ditjen PPPI) Kemenkominfo Geryantika Kurnia mengatakan sebanyak 584 siaran TV sudah bersiaran digital dan tersisa 103 siaran analog yang sedang berproses migrasi ke digital.

"Sesuai kesepakatan TV swasta, kota besar Medan dan Makasar akan segara ASO pada Mei 2023," ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (17/4/2023).

Untuk pelaksanaan program Analog Switch Off (ASO) ini, Gery menyebut pihaknya bersama lembaga multipleksing (mux) akan membagikan sekitar 135.007 unit perangkat set top box (STB) bagi rumah tangga miskin (RTM).

Adapun STB ini diperlukan bagi masyarakat yang masih menggunakan TV analog untuk bisa mendapatkan siaran TV digital yang bersih, jernih dan canggih.

"Jumlah STB untuk RTM di Sumut 1 [Medan dan sekitarnya] 95.025 unit dan Sulsel 1 [Makasar dan sekitarnya] 39.982 unit sedang distribusi," imbuh Gery.

Berdasarkan catatan Kemenkominfo, saat ini sebanyak 74 persen masyarakat Indonesia telah beralih ke TV digital. Belum lama ini, ASO juga telah dilaksanakan di Banjarmasin, Bali, dan Palembang.

Hasil survei Nielsen per 15 April 2023 menunjukkan Palembang, Bali, Banjarmasin, serta 11 kota lainnya telah mendekati 90 persen peralihan dari TV analog ke digital.

Adapun Jawa sudah normal menuju 100 persen dan efek berganda terhadap penetrasi TV digital secara Nasional sudah mencapai 74 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper