Analog Switch Off di Banjarmasin, Pemerintah Bagi-bagi 21.626 Unit Set Top Box

Rahmi Yati
Senin, 20 Maret 2023 | 15:03 WIB
Perangkat set top box (STB) televisi./Istimewa
Perangkat set top box (STB) televisi./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 21.626 unit set top box (STB) akan dibagikan kepada rumah tangga miskin (RTM) penerima bantuan seiring diimplementasikannya analog switch off (ASO) di Kota Banjarmasin dan sekitarnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama pemerintah daerah, lembaga penyiaran, dan stakeholder telah sepakat untuk memprioritaskan ASO di wilayah Kalimantan Selatan 1 (Kalsel-1) tersebut pada 20 Maret 2023 pukul 24.00 waktu setempat.

"Jumlah STB untuk RTM di Kalsel 21.626, posisi kemarin sudah diangka 93 persen," kata Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Infomatika (Ditjen PPPI) Kemenkominfo Geryantika Kurnia kepada Bisnis, Senin (20/3/2023).

Menurutnya, jumlah STB yang sudah terdistribusi di Kalsel-1 yang meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut ini sudah melebihi target, yakni minimal 90 persen.

"Di lapangan juga masih terus dilakukan distribusi dan perkiraan hari ini mencapai 95 persen," ucapnya.

Gery tak menampik bila pembagian STB ini salah satunya turut terkendala faktor cuaca ekstrem di Kalimantan Selatan. Namun begitu, hal itu tidak mengubah fokus persiapan ASO di wilayah tersebut.

Apalagi, imbuhnya, posko bantuan juga telah disiapkan sebagaimana pelaksanaan suntik mati siaran TV analog di kota-kota lain sebelumnya, terutama bagi masyarakat yang STB-nya gagal serah karena beberapa faktor, seperti penerima meninggal, pindah rumah, atau tidak ada di rumah.

"Namun, tidak ada masalah karena Kominfo buka posko di lokasi-lokasi yang distribusi STB-nya belum selesai," imbuh Gery.

Untuk diketahui, sebelumnya ASO juga akan dilakukan di Bali dan Sumatra Selatan 1 (Sumsel-1) pada 20 Maret 2023. Sayangnya, jadwal tersebut terpaksa diundur mengingat pembagian STB masih di bawah 90 persen.

Hingga hari ini, distribusi STB diperkirakan baru mencapai 80 persen untuk Bali dan 87 persen untuk Sumsel-1. Untuk itu, ASO di kedua wilayah tersebut akan dilakukan pada 31 Maret 2023 pukul 24.00 waktu setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper