Apple Watch Punya Fitur Ngobrol dengan ChatGPT

Rahmi Yati
Selasa, 21 Maret 2023 | 19:15 WIB
Apple Watch/Reuters
Apple Watch/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Layanan chatbot berbasis artificial intelligence (AI), ChatGPT kini bisa dinikmati lewat jam tangan pintar. Pengguna bisa mengajukan pertanyaan atau mengobrol dengan fitur tersebut lewat aplikasi baru Apple Watch bernama Petey.

Sebagaimana diketahui, ChatGPT merupakan model bahasa generasi berikutnya yang memahami dan menghasilkan respons layaknya manusia. Layanan ini kembangkan oleh OpenAI.

Chatbot ini dilatih pada kumpulan teks besar yang dikumpulkan dari internet sehingga dapat menjawab berbagai macam pertanyaan dan menghasilkan respons yang koheren terhadap berbagai jenis permintaan.

"Kini lewat aplikasi Petey Anda dapat menanyakan chatbot OpenAI dengan mengetikkan pertanyaan ke Apple Watch atau menggunakan input suara-ke-teks," demikian dikutip dari Mac Rumors, Selasa (21/3/2023).

Petey hadir dengan komplikasi tampilan jam tangan yang membuatnya sangat mudah diakses tanpa harus menavigasi aplikasi untuk membukanya.

Artinya, pengguna cukup mengajukan pertanyaan lewat jam tangan pintar dan Petey dapat memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

"Tanggapannya seringkali jauh lebih mengesankan daripada kemampuan asisten digital mana pun," klaim perusahaan.

Bukan saja mengobrol dengan ChatGPT, pengguna bahkan dapat membacakan jawabannya dengan keras menggunakan Text to Speech, dan dapat membagikan hasil interaksi melalui teks, email, atau media sosial.

Sebelumnya, aplikasi Petey ini disebut watchGPT. Namun, nama tersebut dihapus karena masalah merek dagang. Fitur ini dikembangkan oleh Hidde van de Ploeg.

Petey sudah tersedia di App Store dan dihargai US$4,99 atau sekitar Rp76.000. Aplikasi ini dapat digunakan pada watchOS 9, seperti Apple Watch Series 4 dan model yang lebih baru.

"Saat ini Petey mendukung 14 bahasa berbeda, dengan lebih banyak lagi yang akan ditambahkan seiring waktu," tambah Apple.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper