Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

GOTO PHK 600 Karyawan, Layanan Mitra Tokopedia Dipangkas

GOTO akan mengurangi beberapa bagian dari layanan Mitra Tokopedia seiring adanya PHK terhadap 600 karyawan.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 10 Maret 2023  |  18:54 WIB
GOTO PHK 600 Karyawan, Layanan Mitra Tokopedia Dipangkas
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) akan mengurangi beberapa bagian dari layanan Mitra Tokopedia seiring adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) secara terhadap 600 karyawannya.

GOTO Group Corporate Secretary, Koesoemohadiani, mengatakan langkah itu dilakukan agar sumber daya perusahaan dapat difokuskan pada kegiatan yang akan mendorong dampak lebih besar.

"GoTo juga meninjau kembali prioritas, dan akan mengurangi skala atau menunda kegiatan bisnis serta inisiatif yang bukan merupakan layanan inti," kata Koesoemohadiani, Jumat (10/3/2023).

Dia menyebut GOTO melakukan beberapa penyesuaian untuk memperkuat operasional perusahaan. Salah satunya, melakukan konsolidasi sejumlah bisnis dan tim pada ekosistemnya.

Dengan begitu, Koesoemohadiani berharap organisasi akan lebih ramping dan siap merespons permintaan pasar.

"Sebagai contoh, kami melakukan desain ulang pada bisnis offline merchant di GOTO Financial dan menyatukan dua tim offline merchant," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengklaim penyesuaian seperti ini akan membantu GOTO memberikan layanan yang lebih baik kepada merchant, sekaligus mengurangi biaya.

Dia juga menuturkan bahwa konsolidasi dan sentralisasi yang dilakukan untuk beberapa fungsi penunjang bisnis akan jadi shared resources atau sumber daya bersama, yang diharapkan mampu menghadirkan layanan berkualitas tinggi di seluruh ekosistem, sekaligus menghindari adanya duplikasi fungsi dalam unit bisnis.

"Langkah-langkah penyesuaian tersebut sayangnya akan mempengaruhi sekitar 600 posisi dalam ekosistem GOTO," ujarnya.

Namun demikian, Koesoemohadiani menegaskan karyawan yang terdampak akan memperoleh dukungan dari perusahaan selama masa transisi, yakni lebih dari yang diwajibkan oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dan mencakup dukungan finansial, karier, dan kesejahteraan.

Langkah penyesuaian ini, juga dipastikan tidak akan memengaruhi layanan yang diberikan GoTo kepada konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Goto GoTo PHK Massal PHK Massal GoTo Gojek Tokopedia Gojek tokopedia
Editor : Fitri Sartina Dewi

Terpopuler

back to top To top