Set Top Box Terus Didistribusikan, Ini Progres Jelang Suntik Mati TV Analog

Rahmi Yati
Sabtu, 4 Maret 2023 | 21:35 WIB
Keluarga menonton televisi. - istimewa
Keluarga menonton televisi. - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Distribusi perangkat Set Top Box (STB) untuk rumah tangga miskin (RTM) di tiga wilayah yang akan dilakukan Analog Switch Off (ASO) pada 20 Maret 2023 telah mencapai 45 persen.

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Infomatika Kemenkominfo Geryantika Kurnia mengatakan para lembaga penyiaran telah sepakat untuk memprioritaskan ASO pada 20 Maret 2023.

Dia menjelaskan suntik mati siaran TV analog itu akan dilakukan di wilayah layanan Bali yang mencakup 9 Kabupaten/Kota, Kalimantan Selatan 1 meliputi Kota Banjarmasin dan 4 Kabupaten/Kota sekitarnya, serta Sumatra Selatan 1 yakni Kota Palembang dan 3 Kabupaten/Kota sekitarnya.

"Distribusi STB untuk rumah tangga miskin per Kamis 2 Maret 2023 telah terlaksana 45 persen yaitu 61.706 dari 137.085 unit yang disiapkan," ujarnya kepada Bisnis.com, Sabtu (4/3/2023).

Gery menyebut salah satu hambatan pelaksanaan distribusi STB adalah faktor cuaca ekstrem di Kalimantan Selatan dan Sumatra Selatan.

Namun demikian, dia menegaskan hal itu tidak mengubah fokus persiapan ASO pada 20 Maret 2023 karena posko bantuan juga akan disiapkan sebagaimana pelaksanaan ASO di kota-kota lain sebelumnya.

"Segala persiapan juga masih sesuai rencana," tuturnya.

Lebih lanjut dia juga memastikan ketersediaan perangkat STB bagi masyarakat yang tidak termasuk dalam kategori penerima bantuan perangkat gratis.

Terkait ketersediaan dan penjualannya, Kemenkominfo sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan dan asosiasi Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel) agar suplai STB terjaga dalam harga yang stabil.

"Informasi dari Gabel stok STB melimpah dengan harga ," tutup Gery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper