Ini 3 Jurus Gojek Genjot Profitabilitas GOTO

Khadijah Shahnaz Fitra
Selasa, 28 Februari 2023 | 15:41 WIB
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gojek, platform ride hailing on demand menjelaskan tiga strategi mendukung target PT Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mencapai profit atau EBITDA pada kuartal IV/2023.

Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo sudah menyiapkan tiga strategi utama dalam menjadikan Gojek sebagai layanan on demand teratas dan mendukung akselerasi profitabilitas Grup GoTo.

Pertama, adanya inovasi teknologi dengan cara memberikan solusi yang lebih tepat sasaran dan sesuai kebutuhan serta preferensi pelanggan.

Gojek pun mempunyai teknologi machine learning untuk memberikan rekomendasi makanan dan strategi promo tepat sasaran di GoFood, perluasan akses untuk memesan GoFood (GoFood di Tokopedia, web ordering), Jadwalin GoFood, hingga fitur GoSend untuk estimasi ongkir lebih cepat dan draft order serta penjadwalan pesanan GoBox.

"Layanan transportasi Gojek juga akan dilengkapi dengan fitur opsi Alokasi Prioritas bagi pelanggan serta promo GoPay Coins yang tepat sasaran," jelas Catherine dalam Outlook Gojek 2023, Selasa (28/2/2023).

Gojek juga akan mengembangkan beberapa variasi produk untuk berbagai segmen pelanggan. Misalnya, untuk merambah segmen pelanggan baru, GoFood menghadirkan fitur Mode Hemat yang memberikan opsi gratis maupun diskon ongkir bagi pelanggan.

Sementara di sisi layanan transportasi, Gojek terus melakukan ekspansi GoTransit untuk mempermudah mobilitas multi-moda, serta menghadirkan layanan premium seperti GoCar Luxe dan GoRide XL yang tawarkan pengalaman perjalanan lebih nyaman.

"Di layanan logistik, Gojek luncurkan layanan GoSend Car untuk pengiriman barang besar hingga kargo untuk ukuran maksimal 100 kg," tambahnya.

Ketiga, Gojek akan terus memberikan dukungan bagi mitra untuk dampak jangka panjang. Gojek akan terus meluncurkan beragam inisiatif seperti pelatihan, program dukungan dan pengembangan komunitas.

Sementara, untuk mitra driver, Gojek memperluas manfaat melalui Gojek Swadaya, Bengkel Belajar Mitra, serta Tips Pintar di aplikasi GoPartner.

Adapun, untuk mitra usaha kuliner, Gojek terus menambah modul pembelajaran baru di Komunitas Partner GoFood (Kompag). Disisi lain, untuk online seller, Gojek mendorong komunitas Best Seller GoSend serta ragam program menarik agar produk seller makin dilirik pelanggan.

“Kami percaya bahwa ketiga strategi tersebut dapat mendorong pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan, sejalan dengan strategi GoTo untuk pengembangan produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi [ecosystem product growth],” tutup Catherine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper