Lagi, Zenius Kembali Lakukan PHK pada 2023

Khadijah Shahnaz Fitra
Selasa, 28 Februari 2023 | 10:39 WIB
logo zenius/istimewa
logo zenius/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Zenius, startup edutech kembali mengumumkan adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) pada 2023, sebelumnya pada tahun lalu perusahaan juga melakukan dua kali pemangkasan.

Manajemen Zenius mengatakan pemangkasan ini terjadi karena  iklim ekonomi saat ini yang telah menciptakan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk bisnis startup di seluruh dunia. Karena itu, Zenius harus menyelaraskan dan memprioritaskan kembali organisasi untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan jangka panjang.

"Untuk mencapai tujuan kami menjadi arus kas yang positif dan memastikan keberlanjutan perusahaan kami, Zenius harus membuat beberapa keputusan sulit yang secara langsung akan mempengaruhi karyawan kami. Semua aspek bisnis sedang dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi, termasuk pengurangan tenaga kerja," ujar salah seorang pimpinan Zenius kepada Bisnis,Selasa (28/2/2023)

Zenius juga mengatakan berdasarkan Hukum dan Peraturan Indonesia, orang-orang yang menjadi bagian dari pengurangan tenaga kerja akan berhak atas pesangon.

Zenius memahami saat ini adalah masa yang sulit bagi masyarakat yang terkena dampak, sehingga perusahaan akan melanjutkan manfaat asuransi kesehatan mereka hingga 30 Maret 2023 termasuk anggota keluarga mereka. 

"Selain itu, Zenius juga memperpanjang layanan konseling kesehatan dengan konsultan pihak ketiga kami hingga 30 Maret 2023," tutup sumber yang tak ingin disebutkan identitasnya itu.

Adapun pada 2022, Zenius telah melakukan dua pemangkasan. Pada Mei 2022, Zenius mengumumkan terjadi PHK terhadap 25 persen karyawannya atau lebih dari 200 karyawan.

Zenius mengatakan PHK pertama terjadi karena Edutech ini sedang mengalami dampak dari kondisi makro ekonomi yang saat ini terjadi. Karena itu, Zenius merasa perlu melakukan konsolidasi dan sinergi proses bisnis untuk memastikan keberlanjutan.

Zenius juga menjelaskan salah satu implikasi dari strategi kunci ini adalah perubahan peran di beberapa fungsi bisnis seiring dengan optimalisasi dan efisiensi proses bisnis yang dijalankan.

Sedangkan pada PHK kedua ini, Zenius mengatakan pihaknya ingin lebih fokus dalam memberikan pengalaman hybrid learning melalui jaringan New Primagama untuk melengkapi bisnis online Zenius. Dengan adanya fokus baru dan penyalaran ini pihak Zenius mengatakan akan mengurangi pengeluaran di beberapa area.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper