Tak Cuma JD.ID, Ini Daftar 7 E-Commerce yang Tumbang di Indonesia

Khadijah Shahnaz Fitra
Jumat, 3 Februari 2023 | 15:03 WIB
Ilustrasi konsumen yang berbelanja secara daring melalui e-commerce di ponsel mereka/Freepik
Ilustrasi konsumen yang berbelanja secara daring melalui e-commerce di ponsel mereka/Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tercatat sudah ada tujuh platform e-commerce yang berguguran di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Terbaru, adalah JD.ID yang bakal tutup permanen pada 31 Maret 2023.

Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID Setya Yudha Indraswara mengatakan perusahaan akan menghentikan semua layanan pada 31 Maret 2023. Hal ini pun merupakan keputusan strategis dari induk perusahaan yaitu JD.COM.

"JD.ID menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pelanggan, penjual, mitra, dan karyawan atas dukungan yang telah diberikan dalam perjalanan kami selama ini," ujar Setya, Senin (30/1/2023).

Sebelum JD.ID menutup bisnisnya di Indonesia, beberapa e-commerce lainnya sudah melakukan penutupan terlebih dahulu seperti Rakuten, Blanja.com dan Elevenia. Berdasarkan rangkuman Bisnis ada tujuh e-commerce yang menutup bisnis di Indonesia sebelum JD.ID.

Daftar 7 E-Commerce yang Tumbang di Indonesia

1. Rakuten

Rakuten, e-commerce asal Jepang ini menutup layanan di Indonesia pada 2016. Rakuten pun masuk ke pasar ke Indonesia bersama dengan MNC Group.

Dilansir dari Reuters, Rakuten keluar dari pasar dagang-el Indonesia dikarenakan pergeseran model bisnis yang tidak sesuai dengan konsep awal yang disepakati.

2. Blanja.com

Blanja.com merupakan e-commerce gabungan dari eBay dan Telkom. Platform dagang-el ini pun tutup pada 1 September 2020 atau setelah 8 tahun beroperasi di Indonesia. Penutupan ini pun dikarenakan adanya perubahan strategis bisnis.

3. Elevenia

Elevenia merupakan e-commerce patungan antara PT XL Axiata Tbk dan SK Planet dari Korea Selatan. Elevenia pun baru saja menutup bisnisnya pada 1 Desember 2022 atau setelah 8 tahun beroperasi di Indonesia.

"Efektif per hari ini kami menutup layanan www.elevenia.co.id. Terima kasih telah menjadi mitra kami selama ini," jelas pengumuman Elevenia di situs resminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper