Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Finnet Anak Usaha TLKM Perkuat Keamanan Meterai Elektronik

Finnet Indonesia (Finnet), anak usaha Telkom (TLKM) memperkuat keamanan meterai elektronik dengan menggandeng Privy.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 19 Januari 2023  |  18:21 WIB
Finnet Anak Usaha TLKM Perkuat Keamanan Meterai Elektronik
Penampakan meterai elektronik Rp10 ribu yang diluncurkan Kementerian Keuangan RI - Indonesia.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Finnet Indonesia (Finnet), anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menjalin kerja sama dengan PT Privy Identitas Digital (Privy) dalam menunjang proses surat menyurat internal dan eksternal klien untuk keperluan Business-to-Business service (B2B) maupun Business to Customer (B2C).

CEO & Founder Privy Marshall Pribadi mengatakan melalui kolaborasi ini layanan tanda-tangan elektronik Privy pada aplikasi Finnet Indonesia untuk meterai elektronik akan diintegrasikan dengan PrivySign.

Kerja sama juga terkait dengan peningkatan pengalaman pemeteraian dalam aspek keamanan, kenyamanan, ketersediaan, dan kemudahan bagi masyarakat.

Meterai elektronik adalah meterai yang dapat digunakan dalam dokumen elektronik dan keberadaannya sama dengan meterai kertas biasa. E-Meterai yang dirilis Perum Peruri kali ini bernilai Rp10.000 dan dihargai dengan tarif bea meterai yang serupa.

"Ke depannya kami juga berharap kerja sama dengan Finnet akan menciptakan kolaborasi lainnya serta menjadi citra lingkup bisnis yang sehat," kata Marshall, Kamis (19/1/2023).

Sementara itu Direktur Utama Finnet Rakhmad Tunggal Afifuddin mengatakan pandemi Covid-19 telah mengubah seluruh kegiatan konvensional menjadi digital. Kondisi ini mendorong peningkatan penggunaan E-Meterai di masyarakat, termasuk untuk kebutuhan B2B dan B2C.

"Oleh karena itu kami mempercayai Privy sebagai penyedia layanan tanda tangan elektronik dan materai elektronik yang akan diimplementasikan dalam kebutuhan internal maupun eksternal," kata Rakhmad.

Finnet merupakan anak usaha Telkom Indonesia yang bergerak pada penyediaan layanan teknologi finansial serta fokus memberikan solusi untuk industri perbankan, gerai waralaba, telekomunikasi, e-commerce, transportasi, government, perusahaan services penyedia tagihan rutin, serta industri lainnya yang membutuhkan solusi Digital Payment dan pendukungnya.

Privy adalah perusahaan rintisan Indonesia pertama yang bergabung dengan FIDO Alliance atau Asosiasi Industri Internasional dengan misi untuk menciptakan standar otentikasi global yang aman dan ramah pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom tlkm Meterai
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top