Finnet Anak Usaha TLKM Perkuat Keamanan Meterai Elektronik

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 19 Januari 2023 | 18:21 WIB
Penampakan meterai elektronik Rp10 ribu yang diluncurkan Kementerian Keuangan RI/Indonesia.go.id
Penampakan meterai elektronik Rp10 ribu yang diluncurkan Kementerian Keuangan RI/Indonesia.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Finnet Indonesia (Finnet), anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menjalin kerja sama dengan PT Privy Identitas Digital (Privy) dalam menunjang proses surat menyurat internal dan eksternal klien untuk keperluan Business-to-Business service (B2B) maupun Business to Customer (B2C).

CEO & Founder Privy Marshall Pribadi mengatakan melalui kolaborasi ini layanan tanda-tangan elektronik Privy pada aplikasi Finnet Indonesia untuk meterai elektronik akan diintegrasikan dengan PrivySign.

Kerja sama juga terkait dengan peningkatan pengalaman pemeteraian dalam aspek keamanan, kenyamanan, ketersediaan, dan kemudahan bagi masyarakat.

Meterai elektronik adalah meterai yang dapat digunakan dalam dokumen elektronik dan keberadaannya sama dengan meterai kertas biasa. E-Meterai yang dirilis Perum Peruri kali ini bernilai Rp10.000 dan dihargai dengan tarif bea meterai yang serupa.

"Ke depannya kami juga berharap kerja sama dengan Finnet akan menciptakan kolaborasi lainnya serta menjadi citra lingkup bisnis yang sehat," kata Marshall, Kamis (19/1/2023).

Sementara itu Direktur Utama Finnet Rakhmad Tunggal Afifuddin mengatakan pandemi Covid-19 telah mengubah seluruh kegiatan konvensional menjadi digital. Kondisi ini mendorong peningkatan penggunaan E-Meterai di masyarakat, termasuk untuk kebutuhan B2B dan B2C.

"Oleh karena itu kami mempercayai Privy sebagai penyedia layanan tanda tangan elektronik dan materai elektronik yang akan diimplementasikan dalam kebutuhan internal maupun eksternal," kata Rakhmad.

Finnet merupakan anak usaha Telkom Indonesia yang bergerak pada penyediaan layanan teknologi finansial serta fokus memberikan solusi untuk industri perbankan, gerai waralaba, telekomunikasi, e-commerce, transportasi, government, perusahaan services penyedia tagihan rutin, serta industri lainnya yang membutuhkan solusi Digital Payment dan pendukungnya.

Privy adalah perusahaan rintisan Indonesia pertama yang bergabung dengan FIDO Alliance atau Asosiasi Industri Internasional dengan misi untuk menciptakan standar otentikasi global yang aman dan ramah pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper