Pengguna Smartphone di Indonesia, Terbanyak Nomor 4 di Dunia

Khadijah Shahnaz Fitra
Rabu, 18 Januari 2023 | 13:01 WIB
Ilustrasi pengguna smartphone. / Dok. OPPO
Ilustrasi pengguna smartphone. / Dok. OPPO
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia menjadi negara keempat dengan penggunaan ponsel pintar (smartphone)  terbanyak  di dunia, setelah China, India dan Amerika Serikat.

Berdasarkan data Newzoo, dilansir dari dataindonesia.id, Rabu (18/1/2022), China menjadi negara dengan pengguna ponsel pintar (smartphone) terbanyak di dunia pada 2022. Ini terlihat dari jumlah pengguna smartphone di China yang mencapai 910,14 juta orang. 

India menyusul di urutan kedua dengan jumlah pengguna smartphone sebanyak 647,53 juta orang. Posisinya diikuti oleh Amerika Serikat dengan 249,29 juta pengguna smartphone. 

Indonesia berada di urutan keempat dalam daftar ini. Tercatat ada 192,15 juta pengguna smartphone di dalam negeri sepanjang tahun lalu. 

Sebanyak 138,85 juta pengguna smartphone berasal dari Brasil. Kemudian, ada 105,9 juta pengguna smartphone berasal dari Rusia.  Pengguna smartphone di Jepang tercatat sebanyak 97,23 juta orang. Sedangkan, Meksiko berada di urutan kedelapan dengan jumlah pengguna smartphone sebanyak 80,63 juta orang. 

Senada dengan penggunaan smartphone, persatuan Telekomunikasi Internasional atau International Telecommunication Union (ITU) mencatat, jumlah pengguna internet di dunia mencapai 5,3 miliar orang pada 2022. Angka tersebut mengindikasikan 66 persen  dari populasi dunia telah menggunakan internet.  

Jumlah pengguna internet dunia mengalami kenaikan 8,16 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2021, ITU mencatat jumlah pengguna internet sebesar 4,9 miliar orang.

Melihat trennya, pengguna internet di dunia cenderung selalu mengalami kenaikan setiap tahun. Pertumbuhan pengguna internet tertinggi mencapai 13,51 persen pada 2019. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper