Intip Prediksi 8 Tren Teknologi 2023 yang Wajib Diketahui

Khadijah Shahnaz Fitra
Rabu, 11 Januari 2023 | 10:35 WIB
Komputasi awan/Istimewa
Komputasi awan/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kyndryl, penyedia layanan infrastruktur telekomunikasi informasi (TI), memprediksi tren teknologi paling populer pada 2023 yang wajib diketahui.

Managing Director Kyndryl Indonesia Sean Lee mengatakan seiring perkembangan teknologi dan masalah bisnis kompleks yang terus muncul, profesional TI akan menghadapi tantangan baru pada tahun mendatang. Beberapa perubahan akan memicu inovasi, sementara yang lain akan memicu perdebatan seputar etika AI.

"Lainnya, seperti ancaman dunia maya, akan memaksa perusahaan untuk memitigasi dan menghadapi risiko ini secara langsung,"ujarnya dalam siaran pers, Rabu (10/1/2023).

Prediksi 8 Tren Teknologi 2023 yang Wajib Diketahui:

1. Ketahanan siber

Mayoritas perusahaan melihat keamanan siber sebagai risiko bisnis daripada risiko teknologi. Menurut survei Gartner, ketahanan siber tidak lagi hanya menjadi masalah bagi Kepala Petugas Keamanan Informasi pada 2023.

Kemungkinan besar, setiap pemimpin eksekutif di organisasi akan menjadi bagian dari percakapan untuk menyamakan persepsi terkait hal ini.

"Perusahaan harus memahami bahwa mereka lebih mungkin bertahan dengan adanya peristiwa dunia maya daripada bencana fisik, dan mereka harus melindungi semua area bisnis mereka," jelasnya.

Hal ini pun akan mengarah pada pekerjaan keamanan yang akan paling dicari pada tahun depan: Petugas Ketahanan Siber.

2. Etika kecerdasan buatan

Solusi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang bertanggung jawab, area yang menangani kepercayaan, risiko, etika, keamanan, dan transparansi akan diutamakan. Hal tersebut terkait dengan risiko kredit, penjaminan emisi, atau sakadar mesin rekomendasi untuk penentuan harga.

Kemampuan observasi data akan menjadi sangat penting dan menjadi kunci untuk meningkatkan AI dalam berbisnis. Tanpa pondasi data dan data operasi yang kuat dan aman, akan sulit untuk menskalakan dan mendemokratisasi konsumsi data.

3. Komputasi awan

Penerapan adopsi komputasi awan sebelum pandemi Covid-19 bernasib lebih baik daripada yang tidak dalam hal kemampuan mereka untuk memutar model bisnis mereka dan memanfaatkan peluang serta menghasilkan aliran pendapatan baru.

Adopsi komputasi awan memberikan jalur tercepat menuju inovasi dan memberi perusahaan lebih banyak fleksibilitas untuk menjalankan bisnis mereka di masa-masa sulit.

4. Komputasi awan terdistribusi

Kyndryl menilai ada banyak keuntungan dari komputasi awan terdistribusi, mulai dari kemampuan untuk memvisualisasikan dan memanfaatkan data lebih baik di seluruh organisasi untuk mendorong nilai dan mengaktifkan kemampuan Web3 baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper