Bye Samsung! Apple Bakal Produksi Layar Apple Watch Sendiri Tahun Depan

Asahi Asry Larasati
Rabu, 11 Januari 2023 | 15:41 WIB
Apple Watch 7/Apple
Apple Watch 7/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple Inc. berencana mulai menggunakan layar display produksi sendiri di perangkat terbarunya pada awal tahun 2024, dimulai dari lini Apple Watch. Keputusan tersebut diambil untuk mengurangi ketergantungannya pada layar produksi pesaingnya seperti Samsung dan LG.

Dilansir dari Bloomberg pada Rabu (11/1/2023), Perubahan ini dimulai dengan mengganti layar lini tertinggi Apple Watch pada akhir 2023. Nantinya, Apple akan menggunakan teknologi microLED untuk layarnya, menggantikan layar OLED (organic light-emitting diode) yang sudah menjadi standar Apple selama ini.

Setelah berhasil diaplikasikan pada satu produk, Apple akan menerapkan teknologi microLED ini pada perangkat lain.

Secara perlahan, Apple telah meninggalkan chip Intel Corp. di komputer Mac dan menggantinya dengan chip buatannya sendiri dan berencana untuk melakukan hal yang sama dengan komponen utama di lini iPhone.

Meski demikian, perwakilan Apple yang berbasis di Cupertino, California menolak untuk berkomentar terkait perubahan tersebut.

Rencana Apple untuk beralih menggunakan layar produksi sendiri telah lama digaungkan telah berlangsung selama bertahun-tahun. Langkah ini akan menjadi pukulan bagi Samsung Display Co. dan LG Display Co, dua pemasok utama layar Apple Watch.

Proyek Apple ini dijalankan oleh divisi teknologi layar Apple yang dipimpin oleh Wei Chen, yang juga tergabung dalam divisi Hardware Technologies. Perusahaan telah mulai menguji layar microLED untuk lini produk terbarunya, Apple Watch Ultra.

Dibandingkan dengan Apple Watch saat ini, layar generasi terbaru ini dapat menampilkan warna yang lebih cerah, lebih hidup, dan display angle yang lebih besar . Layar tersebut membuat konten tampak seperti dilukis di atas kaca, menurut orang-orang yang sudah melihat desain terbaru dari Apple Watch ini.

Layar microLED akan menjadi layar pertama Apple yang dirancang dan dikembangkan sepenuhnya secara internal. Perusahaan saat ini mendapatkan suplai layar dari berbagai produsen, termasuk Japan Display Inc, Sharp Corp dan BOE Technology Group Co, selain Samsung dan LG.

Apple awalnya ingin menggunakan teknologi microLED untuk layar produk yang lebih besar untuk memasukkan teknologi dalam layar besar, tetapi Apple memilih untuk lebih fokus pada Apple Watch terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper