WhatsApp Proxy, Bisa Kirim Chat Tanpa Internet?

Ileny Rizky
Sabtu, 7 Januari 2023 | 17:26 WIB
Cara download status Whatsapp./unsplash
Cara download status Whatsapp./unsplash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai platform pesan online yang paling diminati masyarakat, WhatsApp terus mengeluarkan inovasi terbaru demi memudahkan penggunanya.

Kabar baik bagi Anda yang sering mengeluhkan kehabisan kuota internet, tidak memiliki sinyal jaringan, atau tidak memiliki jaringan Wifi. Kini Anda bisa dengan gratis berbalas chat di aplikasi WhatsApp. Anda cukup memperbarui WA di perangkat Anda dan menggunakan fitur Proxy. 

Dilansir dari Sammobile.com pada Sabtu (7/1/2023) Proxy merupakan fitur anyar keluaran WhatsApp. Fitur ini melibatkan sebuah sistem yang bertindak sebagai perantara antara perangkat Anda dengan layanan internet. Jadi ketika pemerintah sedang memblokir WhatsApp di suatu wilayah, atau Anda tidak memiliki paket kuota, jaringan internet atau Wifi,  Anda dapat memasukkan suatu alamat server proxy di aplikasi tersebut. 

"Dengan fitur baru ini kami akan memberikan kemampuan untuk mempertahankan akses ke WhatsApp kepada pengguna apabila koneksi mereka mengalami masalah seperti terblokir atau terganggu," tulis WhatsApp dikutip dari laman resminya pada Sabtu (7/1/2023).

Fitur Proxy ini akan memungkinkan pengguna WhatsApp untuk berkomunikasi melalui alamat server dan dapat memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan perpesanan WhatsApp tanpa masalah apa pun.

"Dalam hal pemadaman berlanjut, kami harap solusi ini dapat membantu para pengguna yang membutuhkan komunikasi yang aman dan terpercaya," kata WhatsApp.

Menurut WhatsApp, dengan hadirnya fitur baru ini tidak akan merubah keamanan dari kegiatan pertukaran informasi. WhatsApp mengatakan pihaknya akan memastikan dengan baik bahwa pesan pribadi penggunanya tetap  aman dengan dilindungi oleh enkripsi end-to-end

Lebih lanjut, WhatsApp menyampaikan bahwa pihak tidak akan menyediakan alamat server proxy kepada pengguna. Artinya, setiap pengguna harus mencari sendiri alamat server proxy yang aman dan bisa digunakan di suatu wilayah.

Setelah mendapatkan alamat server, maka Anda dapat langsung memasukkan alamat server proxy itu di aplikasi WA. WhatsApp menyebut, umumnya di suatu wilayah banyak tersedia server proxy yang bebas digunakan, baik itu yang dibuat oleh sukarelawan maupun organisasi tertentu.

Menilik Sammobile, fitur ini dapat membantu penggunanya yang tinggal di negara-negara seperti Iran dan Suriah yang harus menggunakan VPN dalam menggunakan aplikasi Meta. Pada September, WhatsApp mengatakan pihaknya tidak akan memblokir nomor ponsel dengan kode Iran.

Sebagai informasi, pemerintah Iran melarang dan memblokir akses ke aplikasi Meta Platforms, yaitu WhatsApp, Facebook, hingga Instagram setelah adanya aksi protes atas kematian Mahsa Amini.  Mahsa Amini merupakan wanita berusia 22 tahun yang  sebelumnya ditangkap oleh polisi moral di Teheran karena telah berpakaian tidak pantas.

Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Proxy

1. Buka aplikasi WhatsApp dengan versi terbaru di perangkat Anda

2. Setelah masuk di Arahkan ke menu 'Pengaturan'.

3.  Pilih 'Penyimpanan dan Data'.

4. Klik Proxy

5.  Aktifkan Proxy 

6. Masukkan alamat server proxy.

7. Klik Simpan .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper