Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kominfo Siapkan Aturan Jasa Reseller Internet, Ini Poinnya

Kemenkominfo berencana menyusun payung hukum untuk melindungi jasa jual kembali (reseller) internet di Tanah Air. 
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 25 November 2022  |  15:36 WIB
Kominfo Siapkan Aturan Jasa Reseller Internet, Ini Poinnya
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G - freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana menyusun payung hukum untuk melindungi jasa jual kembali (reseller) internet di Tanah Air. 

Direktur Telekomunikasi Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, Aju widya Sari, mengatakan regulasi ini merupakan tindak lanjut dari Undang-undang Cipta Kerja terkait kemudahan berusaha.

"Ketentuan reseller telah diatur di Peraturan Menteri Kominfo Nomor 3 Tahun 2021, Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2021 dan Perdirjen PPI Nomor 1 Tahun 2021," kata Aju kepada Bisnis, Jumat (25/11/2022).

Menurutnya, kasus yang terkait dengan kegiatan jual kembali jasa internet (reseller ISP) terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Untuk itu, sambung Aju, regulasi ini akan mengatur sejumlah hal, antara lain menyangkut standar usaha reseller (branding, pencatatan pendapatan, dan lainnya), kewajiban perjanjian kerja sama dengan penyelenggara telekomunikasi, keberlangsungan seluruh layanan telekomunikasi yang diselenggarakannya, serta perlindungan konsumen.

"Berdasarkan data yang masuk ke Kemenkominfo sesuai dengan angka jumlah permintaan saksi ahli, angkanya mencapai belasan kasus dalam dua tahun terakhir," ujarnya.

Sebelumnya, Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo, Ismail, mengatakan pengaturan reseller ini diharapkan akan dapat memberikan kepastian pada warga yang ingin berusaha di bidang koneksi internet.

"Harus ada aturan mainnya, bagaimanapun pelanggan dan konsumen harus dilindungi dan pemerintah harus melindungi itu,” ungkapnya.

Ismail menyebut, kepastian hukum ini akan menjadikan pelaku usaha berbisnis dengan tenang dan tidak berhadapan dengan persoalan hukum. 

Untuk itu, pemerintah sudah mewacanakan peraturan jasa jual beli internet, mengingat saat ini internet jadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat, dari kota hingga pelosok Indonesia.

"Di tengah kebutuhan itu, sudah selayaknya pelaku bisnis dunia internet pandai melakukan persaingan," tutur Ismail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Reseller kominfo internet
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top