KTT G20: Kominfo Klaim Kualitas Internet Indonesia Naik 11 Tingkat

Khadijah Shahnaz
Minggu, 13 November 2022 | 12:38 WIB
Warga menggunakan smartphone berjalan melewati papan Taman 5G. Pemerintah mempercepat kualitas internet di Indonesia./Bloomberg/Qilai Shen
Warga menggunakan smartphone berjalan melewati papan Taman 5G. Pemerintah mempercepat kualitas internet di Indonesia./Bloomberg/Qilai Shen
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan kualitas internet Indonesia sudah membaik dibandingkan tahun- tahun sebelumnya.

Menteri Kemenkominfo (Menkominfo ) Johnny G. Plate mengatakan jaringan internet di Indonesia saat ini jauh membaik dibandingkan tahun- tahun sebelumnya. Hal ini bisa diukur dari Index electronic government indonesia sudah naik 11 tingkat selama 2 tahun terakhir. 

“Karena apa? Karena infrastruktur digital atau telekomunikasi saat ini digelar dengan lebih matang,” ujar Johnny saat Opening Ceremony DTE, BNDCC 2, Nusa Dua, Minggu (13/11/2022)

Hal ini pun sejalan dengan komitmen Presiden Indonesia Jokowi untuk membangun infrastruktur bukan hanya di wilayah-wilayah ramai melainkan di wilayah terdepan terluar, terdepan dan tertinggal.

Saat acara KTT G20 ini pun, Johnny mengatakan masyarakat bisa merasakan 5G experience yang disuguhkan operator -operator yang tersedia terlebih dengan jaringan di  Bali yang lebih bagus dibandingkan sebelumnya. 

 “Ini 5G experience kan ada banyak Telkomsel dan semua yang sudah mendapat atau izin lisensi 5G mereka melakukan 5G experience di sini di masing masing tempat sesuai dengan ketersediaan spektrum frekuensi masing-masing,” tutup Johnny.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internat Indonesia (APJII) membeberkan bahwa pengguna internet kembali meningkat menjadi 220 juta orang usai pandemi Covid-19.

APJII mengatakan total jumlah pengguna Internet saat ini mencapai 77 persen jumlah penduduk di Indonesia atau 220 juta orang. Sebelum pandemi covid-19, total jumlah pengguna internet hanya 175 juta orang di Indonesia.

Pandemi Covid-19 telah membawa percepatan internet dan meningkatkan literasi internet di Indonesia. Internet kini sudah menjadi kebutuhan semua manusia dan menciptakan inovasi hingga peningkatan transaksi digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper