Ini Cara Connect Ke TV Digital Tanpa STB

Khadijah Shahnaz
Selasa, 8 November 2022 | 16:43 WIB
Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. /Kompub ASO-Wienda Parwitasari
Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. /Kompub ASO-Wienda Parwitasari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melakukan migrasi TV analog ke digital secara merata dan keseluruhan. Dengan adanya migrasi inipun untuk menonton TV memerlukan STBDVB-T2.

Menariknya, untuk menonton siaran digital, tidak semua televisi perlu memasang STB. Hanya pesawat televisi analog dan juga yang belum DVB-T2 yang butuh dipasang STB.

Untuk beralih dari siaran TV analog ke digital, sebenarnya dibutuhkan Set Top Box (STB) yang tersertifikasi oleh Kominfo.

Tetapi, ternyata terdapat dua cara lain untuk menyaksikan siaran TV digital tanpa menggunakan STB. Jika TV analog membutuhkan STB untuk menyaksikan siaran digital, ternyata terdapat dua cara berpindah ke TV digital tanpa perlu menggunakan STB.

Berikut cara menonton siaran televisi digital tanpa STB:

1. Menggunakan TV dengan Fitur DVB-T2

Fitur DVB-T2 ini biasanya dimiliki televisi yang sudah digital. Mengutip rilis resmi dari Kominfo di situs resminya, DVB-T2 merupakan jenis sinyal digital yang dibaca dan diterjemahkan dari sistem pengolahan transmisi digital terbaru yang dikembangkan oleh DVB project. Di mana sistem tersebut mampu merubah ukuran file suatu video menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas dari video.

Untuk mengetahui TV di rumah Anda dibekali fitur DVB-T2 atau tidak bisa mengeceknya dengan cara berikut ini.

Kunjungi halaman resmi Kominfo, https://siarandigital.kominfo.go.id/.

Ketuk menu “Perangkat TV Digital”.

Klik menu “Pilih Kategori”.

Klik “Televisi”.

Masukkan merek dan tipe televisi Anda.

Jika televisi Anda sudah digital, maka akan muncul informasi merk dan tipe televisi yang Anda masukkan.

Namun jika informasi televisi yang Anda masukkan tidak muncul, dan ditemukan keterangan “Mohon maaf perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat,” tandanya televisi Anda masih televisi Analog dan memerlukan STB.

2. Dengan Menggunakan Smart TV atau Android TV

Cara kedua untuk pindah ke TV digital tanpa menggunakan Set Top Box (STB) adalah dengan menggunakan Smart TV atau Android TV.

Namun, perlu diketahui Android TV dan Smart TV ternyata berbeda. Smart TV juga disebut dengan internet TV atau sebuah televisi yang tersambung ke jaringan internet. Melalui jaringan internet inilah, Anda bisa mengakses berbagai tontonan lain, seperti Youtube, Netflix, iFlix, dan lain sebagainya.

Smart TV mempunyai sistem operasi tersendiri sehingga aplikasi yang bisa diunduh terbatas.

Sementara itu, Android TV memiliki sistem operasi android sehingga bisa mengakses Google Play Store seperti smartphone. Selain itu, pada remot Android TV dibekali mikrofon yang bisa digunakan untuk Google Assistant.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper