Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Asyik, Konten Kreator Youtube Short Bakal Dapat Cuan

YouTube Indonesia bakal memonetisasi konten di Youtube Short yang saat ini penontonnya mencapai lebih dari 30 miliar per hari secara global.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 01 November 2022  |  19:18 WIB
Asyik, Konten Kreator Youtube Short Bakal Dapat Cuan
Ilustrasi YouTube. - Bloomberg/Chris Ratcliffe
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - YouTube berencana akan memonetisasi atau memberikan bayaran pada konten kreator yang rajin mengunggah video pendek lewat platform YouTube Shorts.

Country Head YouTube Indonesia Suwandi Widjaja mengatakan saat ini penonton YouTube Short telah mencapai lebih dari 30 miliar per hari secara global atau meningkat empat kali lipat sejak dirilis di seluruh dunia tahun lalu.

"Mulai tahun depan kita mempunyai peluang untuk meluncurkan monetisasi untuk kreator-kreator YouTube Short. Jadi kreator YouTube Short akan mulai bisa menghasilkan uang di dalam platform YouTube mulai awal tahun depan," katanya dalam konferensi pers, Selasa (1/11/2022).

Menurutnya, rencana ini merupakan hal yang bagus untuk menghargai serta membantu lebih banyak kreator YouTube Short terutama di daerah-daerah kecil untuk bisa berkarya dan menghasilkan uang untuk kebutuhan mereka.

Suwandi menyebut, pihaknya nanti akan memberikan AdSense pada para kreator yang mengakses dan membuat konten YouTube Short yang diklaim lebih mudah lantaran bisa menggunakan smartphone.

"Kita melihat di Indonesia itu banyak animo masyarakat begitu tinggi untuk membuat short konten, jadi kita mau memberikan sarana yang lebih baik," ucap dia.

Lebih lanjut dia menuturkan, rencana untuk memberikan 'gaji' bagi para kreator YouTube Shorts ini akan dilakukan awal tahun depan. Namun, Suwandi belum bisa memastikan kapan tanggal dimulainya.

Nantinya, sambung dia, akan ada iklan yang muncul di antara konten short satu dengan lainnya. Uang yang dihasilkan dari video-video pendek tersebut akan dibagikan secara rata pada konten kreator.

"Monetisasi short ini akan terjadi di awal tahun depan. [Besaran uangnya] dihitung berdasarkan jumlah tampilan mereka. Namun secara detail nanti akan kita imumkan lagi," imbuh Suwandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

youtube aplikasi video
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top