Penyebab WhatsApp Down Selama 2 Jam Masih Jadi Misteri

Khadijah Shahnaz
Rabu, 26 Oktober 2022 | 15:24 WIB
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyebab aplikasi WhatsApp mengalami gangguan (down) pada kemarin (25/10/2022) belum dipublikasikan hingga saat ini atau masih menjadi misteri.

WhatsApp down terjadi di beberapa negara seperti Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, India dan Filipina. Adapun, para pengguna di Indonesia tidak bisa berkirim pesan selama lebih dari 2 jam.

Adapun penyebab gangguan tersebut sampai hari ini, Rabu (26/10/2022) belum dipublikasikan.

"Kami tahu pengguna mengalami kesulitan mengirim pesan di WhatsApp [kemarin]. Kami telah memperbaiki masalah ini dan mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Juru Bicara Meta kepada Bisnis.com.

Sebelumnya, pihak WhatsApp yang mengetahui adanya gangguan atau kesulitan dalam mengirim pesan juga tidak menyebutkan secara spesifik penyebabnya.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami kesulitan mengirim pesan dan kami sedang bekerja untuk memulihkan WhatsApp untuk semua orang secepat mungkin," kata Josh Breckman, Juru Bicara WhatsApp, dalam sebuah pernyataan dilansir dari The New York Times, Selasa (25/10/2022)

Gangguan ini menyebabkan pengguna WhatsApp kompak mengeluh tidak bisa berkirim pesan baik secara personal maupun grup karena diduga mengalami gangguan sejak pukul 13.37 kemarin (25/10/2022).

Layanan WhatsApp yang mengalami gangguan telah menjadi trending topic di media sosial Twitter dengan 842.000 cuitan.

Banyak warganet yang mengunggah meme kocak soal para pengguna WhatsApp yang nampak berbondong-bondong mencari penyebab gangguan tersebut.

Berdasarkan situs DownDetector, laporan permasalahan dari pengguna mulai terjadi pada 13.37 WIB. Sementara, hingga berita ini ditulis, jumlah gangguan sudah terjadi sebanyak 9.110 laporan.

Masalah terbanyak terjadi pada aplikasi yakni 59 persen, koneksi server sebanyak 25 persen, dan 16 persen pada situs web.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper