Ini Perusahaan Teknologi Terkenal yang PHK Karyawan, Ada Apple hingga Philips

Khadijah Shahnaz
Rabu, 26 Oktober 2022 | 13:21 WIB
Logo Philips./Bloomberg
Logo Philips./Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Philips menambah panjang daftar perusahaan teknologi terkenal yang PHK karyawan pada tahun ini.

Philips akan melakukan PHK terhadap sekitar 4.000 atau 5 persen dari tenaga kerjanya setelah perusahaan mencatat kerugian bersih pada kuartal III/2022. Alasannya, karena adanya penarikan (recall) ventilator yang rusak terlebih dengan adanya krisis semikonduktor yang berkepanjangan sehingga mengakibatkan pembatasan penjualan.

Dilansir dari Trueup, sampai dengan hari ini, Rabu (26/10/2022) PHK di yang terjadi di perusahaan teknologi dan startup sudah sampai 997 PHK di perusahaan teknologi dengan 152.703 orang terkena dampaknya.

Adapun, beberapa perusahaan teknologi besar sepanjang 2022 sudah melakukan PHK seperti, Netflix, Snapchat, Twitter, Meta dan Microsoft.

Ini Daftar Perusahaan Teknologi Terkenal yang PHK Karyawan

1. Netflix

Netflix sudah melakukan PHK pada tahun ini sebanyak dua kali. Sebelumnya, Netflix melakukan PHK kepada 150 karyawan dan puluhan kontraktor pada Mei lalu. Kemudian, pada Juni Netflix kembali melakukan PHK sekitar 300 pegawainya.

Dilansir dari The Verge, Jumat (24/6/2022), juru bicara Netflix Bao Nguyen mengatakan PHK tersebut kebanyakan akan terjadi di Amerika Serikat, meski sejumlah kantor di beberapa negara juga akan terdampak.

2. Snapchat

Snap.Inc, induk raksasa media sosial AS Snapchat berencana memberhentikan sekitar 20 persen dari 6.400 karyawannya atau sekitar 1.200 karyawan. Upaya ini mengikuti sejumlah raksasa teknologi lainnya yang lebih dahulu melakukan PHK, seperti Netflix dan Tesla.

“PHK yang telah direncanakan Snap selama beberapa minggu terakhir akan dimulai pada Rabu (31/8/2022),” kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut dikutip dari The Verge, Rabu (31/8/2022).

3. Apple

Apple, produsen teknologi asal Amerika Serikat  telah memangkas lebih dari 100 posisi kontraktor atau outsource di beberapa wilayah, seperti dilansir Bloomberg. Para kontraktor berasal dari bagian rekrutmen perusahaan.

4. Microsoft

Microsoft mengumumkan kebijakan PHK terhadap sekitar 1.800 karyawannya per 30 Juni 2022. Kebijakan ini dilakukan di tengah periode ketidakpastian ekonomi yang belakangan berdampak pada sejumlah perusahaan rintisan (startup).

Kebijakan PHK ini dilaporkan memengaruhi 1 persen dari total pegawai Microsoft, yang saat ini mencapai 180.000 orang. Namun, manajemen tidak menjelaskan secara spesifik kebijakan ini diterapkan pada regional atau divisi apa.

5. Twitter

Twitter melakukan PHK kepada 100 karyawannya. Selain melakukan PHK, perusahaan yang identik dengan logo burung biru tersebut juga menghentikan perekrutan selama tawaran akuisisi Elon Musk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper