Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Survei: Shopee Jadi E-Commerce Favorit saat Harbolnas di Indonesia

Survei Populix menunjukkan bahwa Shopee menempati urutan pertama e-commerce paling favorit saat momentum Harbolnas.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 26 Oktober 2022  |  11:44 WIB
Survei: Shopee Jadi E-Commerce Favorit saat Harbolnas di Indonesia
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee - India Times
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Populix, startup yang fokus pada riset ini merilis survei terkait “2022 Harbolnas Shopping Spree” yang membahas tentang preferensi dan perilaku belanja masyarakat Indonesia tahun ini.

Survei menemukan bahwa 84 persen responden mengaku berbelanja pada momentum Harbolnas terutama di antara responden berusia 26-35 tahun, sedangkan responden yang tidak berbelanja didominasi oleh anak muda berusia antara 18-25 tahun.

Sebagai informasi, Populix melakukan survei terhadap 1.274 responden laki laki dan perempuan berusia 18-55 tahun. Dalam survei tersebut disebutkan Shopee menjadi e-commerce terfavorit untuk momentum Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Survei menunjukkan bahwa Shopee (90 persen) menempati urutan pertama pilihan e-commerce, baik di antara responden laki-laki maupun perempuan. Posisi selanjutnya diikuti oleh Tokopedia (66 persen), Lazada (34 persen), Bukalapak (15 persen), dan JD.ID (14 persen)

Dari berbagai promo yang bermunculan saat Harbolnas, masyarakat menilai potongan harga atau diskon (31 persen) sebagai bentuk promo yang paling ditunggu.

Promo menarik selanjutnya adalah flash sale pada jam tertentu (22 persen), promo gratis ongkir (18 persen), cashback (12 persen), dan voucher belanja (6 persen). Selama Harbolnas, mayoritas masyarakat akan berbelanja di antara pukul 00.00 hingga 06.00 WIB (37 persen) dan pukul 16.01 hingga 23.59 WIB (23 persen

Hasil survei memperlihatkan bahwa pakaian (66 persen) serta produk kecantikan dan perawatan diri (51 persen) merupakan produk yang paling banyak dibeli selama Harbolnas, disusul produk elektronik, gadget dan aksesoris (43 persen), makanan dan minuman (36 persen), hobi (35 persen), dan furniture rumah (32 persen).

Di antara kategori produk tersebut, survei mengungkap bahwa perempuan lebih banyak membeli produk kecantikan dan perawatan diri serta pakaian, sementara laki-laki lebih banyak membeli pakaian dan produk elektronik, gadget dan aksesoris, serta hobi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shopee harbolnas ecommerce belanja online
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top