Shopee Pungut Biaya Jasa Rp1.000 per Transaksi, Ikuti Tokopedia

Khadijah Shahnaz
Selasa, 25 Oktober 2022 | 12:25 WIB
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee/India Times
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee/India Times
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Shopee Indonesia menyusul langkah Tokopedia yang sebelumnya telah mengenakan biaya layanan atau jasa aplikasi sebesar Rp1.000 untuk setiap transaksi.

Kebijakan pengenaan biaya layanan bagi konsumen berlaku mulai Minggu (23/10/2022) pukul 00.00 WIB.

"Biaya layanan adalah sebesar Rp1.000 untuk setiap transaksi produk fisik melalui situs atau aplikasi Shopee," tulis Shopee Indonesia dalam siaran pers, Minggu (23/10/2022).

Shopee menjelaskan alasan pengenaan biaya layanan adalah untuk mengembangkan teknologi agar dapat melayani pelanggan dengan lebih baik.

Biaya layanan hanya akan dikenakan kepada pengguna setelah empat kali bertransaksi dengan menggunakan metode pembayaran apapun dan tanpa minimum pembelian.

Adapun, biaya layanan ini tidak berlaku untuk transaksi produk digital seperti keuangan, zakat, dan donasi. Namun, biaya layanan tetap berlaku untuk produk digital yang disertakan dalam pembelian produk fisik.

"Biaya layanan sudah termasuk biaya Pajak Pertambahan Nilai [PPN] sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan yang berlaku," tulis Shopee.

Selain itu, e-commerce dari Sea Group ini juga mengenakan biaya penanganan sebesar Rp1.000 untuk pembayaran selain ShopeePay, kartu kredit dan Shopeepay Later atau menggunakan metode bank transfer atau virtual account.

Sebelumnya, Tokopedia sudah mengenakan biaya jasa layanan sebesar Rp1.000 untuk setiap transaksi baik produk fisik melalui situs maupun aplikasi sejak 1 Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper