Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wajib Tahu! Ini 8 Nama Planet Dalam Sistem Tata Surya

Bagi Anda yang ingin belajar planet tata surya, maka bisa membaca 8 susunan planet di ruang angkasa.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 31 Agustus 2022  |  19:11 WIB
Wajib Tahu! Ini 8 Nama Planet Dalam Sistem Tata Surya
Urutan planet dalam tata surya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Planet merupakan benda langit yang mengorbit mengelilingi matahari, dalam sistem tata surya ini terdapat 8 planet, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Namun, sebenarnya pada 1990 dalam sistem tata surya memiliki sembilan planet, dengan Pluto sebagai planet terakhir. Dilansir space.com pada Rabu (31/8/2022), semua berubah pada akhir 1990-an, ketika para astronom mulai berdebat tentang apakah Pluto memang sebuah planet.

Hingga akhirnya dalam keputusan yang sangat kontroversial, Persatuan Astronomi Internasional akhirnya memutuskan pada tahun 2006 untuk menunjuk Pluto sebagai "planet kerdil," dengan mengurangi daftar planet dalam tata surya menjadi hanya delapan. 

Ini nama 8 planet di tata surya yang dilansir space.com pada Rabu (31/8/2022):

1. Merkurius 

Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari sekaligus planet terkecil di tata surya dengan diameter 3.031 mil (4.878 km) dan dapat mengelilingi matahari hanya dalam 88 hari.

Planet ini sering mengalami perubahan dramatis dalam suhu siang dan malamnya. Suhu merkuri dapat mencapai 450 celcius terik di siang hari, yang cukup panas untuk melelehkan timah. Sementara itu, di sisi malam, suhu turun hingga minus 180 celsius.

Atmosfer Merkurius sangat tipis yang terdiri dari oksigen, natrium, hidrogen, helium, dan kalium. Atmosfernya yang sangat tipis ini ternyata membuatnya tidak dapat menerima meteor.

Adapun, selama misi 4 tahun, pesawat ruang angkasa NASA MESSENGER mengungkapkan penemuan luar biasa, seperti penemuan es air dan senyawa organik beku di kutub utara Merkurius serta penemuan vulkanisme yang memainkan peran utama dalam membentuk permukaan planet.

2. Venus

Venus adalah planet kedua yang dekat dengan matahari dan merupakan planet terpanas di tata surya. Lalu, venus memiliki atmosfer yang tebal dan sangat beracun karena terdiri dari asam sulfat serta planet ini dikatakan sebagai contoh ekstrim dari efek rumah kaca.

Suhu rata-rata di permukaan Venus adalah 465 celsius yang tekanan di permukaan planet ini dapat menghancurkan dan membunuh Anda. 

Dalam segi diameternya, planet ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan Bumi, yakni 7.521 mil (12.104 km) dan dapat mengelilingi matahari selama 225 hari. 

3. Bumi

Bumi adalah planet yang dihuni manusia dan merupakan  planet urutan ketiga yang dekat dengan matahari. Bumi disebut sebagai planet air karena dua pertiga dari planet ini ditutupi oleh air.

Lalu, atmosfer bumi kaya akan nitrogen, oksigen dan merupakan satu-satunya planet yang diketahui memiliki kehidupan. Planet bumi berdiameter 7.926 mil (12.760 km) dan dapat mengelilingi matahari selama 365.24 hari.

4. Mars

Mars adalah planet keempat yang dekat dengan matahari, mars merupakan planet dingin seperti gurun yang tertutup debu oksida besi hingga memberinya warna merah yang khas. 

Mars juga disebut memiliki kesamaan dengan Bumi, seperti merupakan wilayah berbatu, memiliki gunung, lembah, dan sistem badai seperti Tornado yang sering kali melanda planet ini.

Untuk diameter planet ini memiliki ukuran 4.217 mil (6.787 km), Mars juga dilaporkan merupakan planet yang paling banyak dieksplorasi di tata surya.

5. Jupiter

Jupiter adalah planet kelima dari matahari sekaligus merupakan planet terbesar di tata surya. Menurut NASA Jupiter memiliki ukuran dua kali lebih besar dari gabungan semua planet lain.

Dengan ukuran diamter 86.881 mil (139.822 km), Jupiter mampu mengelilingi matahari dengan waktu 11.9 tahun lamanya.

Jupiter memiliki awan yang berputar-putar dan berwarna-warni karena berbagai jenis gas termasuk es amonia, kristal amonium hidrosulfida serta es dan uap air. 

Planet ini terkenal dengan awan yang disebut dengan "Bintik Merah Besar Jupiter" dan juga Jupiter memiliki medan magnet yang kuat, memiliki 75 bulan, termasuk bulan terbesar di tata surya, yaitu bulan Ganymede.

6. Saturnus

Saturnus adalah planet keenam dari matahari dan terkenal dengan sistem cincinnya yang besar, Saturnus memiliki diameter 74.900 mil (120.500 km) dan dapat mengelilingi matahari selama 29.5 tahun.

Cincin Saturnys terbuat dari es dan batu. Namun, para ilmuwan belum yakin bagaimana cincin ini terbentuk, dalam kandungan planet ini memiliki sebagian besar gas hidrogen dan helium.

7. Uranus

Uranus adalah planet ketujuh dari matahari dan merupakan planet yang sedikit aneh karena terlihat miring. Uranus memiliki awan yang terbuat dari hidrogen sulfida, yang merupakan bahan kimia dengan bau yang sangat busuk. 

Kemiringan Uranus terjadi akibat perputaran dari timur ke barat dengan ekuator yang hampir tegak lurus terhadap orbitnya. Kemiringan itu juga menyebabkan musim ekstrem yang berlangsung lebih dari 20 tahun, dan matahari terbenam di satu kutub atau kutub lainnya selama 84 tahun. 

Uranus memegang rekor planet dengan suhu terdingin yang pernah diukur di tata surya yang mencapai minus 224,2 derajat celsius dan ukuran planet ini berdiameter 31.763 mil (51.120 km). 

8. Neptunus

Neptunus adalah planet kedelapan dari urutan kedekatannya dengan matahari dan merupakan planet yang memiliki rata-rata suhu terdingin di tata surya. Suhu rata-rata Neptunus adalah minus 210 derajat celcius.

Planet ini memiliki diameter 30.775 mil (49.530 km) dan dapat mengitari bumi selama 165 tahun. Neptunus dikenal dengan angin kencang supersoniknya, dengan kecepatan 2092 kilometer per jam dan disertai banyak badai. 

Badai paling terkenal dari planet ini disebut dengan "Bintik Hitam Besar" yang meliputi area dengan perkiraan setara dengan seperenam luas permukaan Bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

planet Pluto mars tata surya
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top