Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 8 Nama Nama Planet di Tata Surya, Mana yang Paling Besar?

Setidaknya ada delapan nama nama planet di tata surya. Setiap planet memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut ulasan lengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 30 Agustus 2022  |  20:06 WIB
Ini 8 Nama Nama Planet di Tata Surya, Mana yang Paling Besar?
8 Nama Nama Planet di Tata Surya, Mana yang Paling Besar_ (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nama nama planet tentu sudah dikenalkan sejak masih anak-anak yaitu dimulai dari bangku sekolah dasar. Sampai saat ini, tercatat ada 8 jumlah planet yang harus diketahui. Setiap planet memiliki karakteristik yang berbeda. 

Urutan Nama Planet di Tata Surya

Planet menjadi bagian penting dari sistem tata surya. Bumi yang kita tempati menjadi salah satu planet yang ada di tata surya. Selain bumi, masih ada beberapa nama planet lain yang perlu diketahui. Adapun nama planet yang ada di tata surya kita, seperti berikut. 

  • Merkurius

Nama nama planet yang pertama yaitu Merkurius. Merkurius merupakan planet terdekat dari Matahari. Suhu permukaan di Merkurius bahkan mencapai 420°C karena terlalu dekat dengan matahari. Merkurius ini memiliki banyak kawah dan juga tidak memiliki satelit alami. Suhu yang terlalu tinggi menjadi salah satu alasan planet ini tidak bisa dihuni manusia. 

  • Venus

Planet terdekat kedua dari Matahari yaitu ada planet Venus. Planet Venus memiliki suhu sekitar 471°C di siang harinya. Ukuran dari Venus sekitar 6.052 km. Planet ini memiliki kandungan karbondioksida (CO2) 97% dan nitrogen 3%.

  • Bumi

Bumi merupakan planet selanjutnya yang ada di tata surya. Usia planet ini diketahui sudah mencapai 4,6 miliar tahun. Jarak antara Matahari dengan Bumi sejauh 149.6 juta km 1 AU. Perbedaan suhu antara permukaan bumi yaitu ada di -70 derajat sampai 55 derajat. Bumi menjadi planet yang paling ideal untuk ditempati manusia. 

  • Mars

Nama-nama planet selanjutnya yang ada di tata surya yaitu ada planet Mars. Planet ini merupakan planet terdekat keempat dari matahari. Planet Mars ini juga dikenal sebagai merah karena memang penampakannya kemerahan.

 

Planet ini punya dua satelit yang bernama Deimos dan Phobos dan sudah banyak sekali wacana manusia yang akan tinggal di Planet Mars. Saat ini para ahli sedang meneliti kelayakan planet ini untuk ditempati manusia. 

  • Jupiter

Jupiter atau Yupiter merupakan planet setelah Mars. Jarak rata-ratanya ada di 778,3 juta km. Planet Jupiter merupakan planet yang paling besar dan juga paling berat. 

Jupiter memiliki diameter mencapai 14.980 km dan massanya 318 kali dari massa bumi. Suhu dari permukaan planet ini sendiri punya angka di kisaran -140 derajat celcius sampai dengan 21 derajat celcius.

  • Saturnus

Sesuai urutan, maka planet selanjutnya yaitu planet Saturnus. Salah satu ciri khas dari planet Saturnus ini yaitu ada pada cincin yang melingkari planet tersebut. Cincin ini cincin terbuat dari bongkahan es meteorit dan membuat planet ini terlihat sangat cantik jika dilihat dari jauh. 

  • Uranus

Planet lanjutnya yang ada di tata surya setelah planet Saturnus. Planet Uranus ini ditemukan tahun 1781 dan jadi planet pertama yang ditemukan dengan menggunakan teleskop. Dahulu, planet ini diketahui bisa dilihat oleh mata telanjang, namun saat ini  gaya yang dimiliki mulai  meredup, sehingga sulit dilihat langsung dengan mata telanjang.

  • Neptunus

Nama planet terakhir yaitu planet Neptunus. Planet ini terbentuk dari amonia air dan metana.  Zat tersebut mengelilingi inti dari batuan yang paling kecil. 

Itulah delapan nama nama planet yang ada di tata surya yang wajib diketahui. Pemahaman tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk Anda. Selain delapan planet, di tata surya terdapat benda-benda luar angkasa lainnya yang secara langsung maupun tidak langsung berperan bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

planet Planet nama planet mars planet jupiter planet saturnus tata surya
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top