Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 8 Tips Memperkuat Keamanan Akun Instagram

Akun Instagram yang terkena web phising membuat semua data pribadi Anda akan diketahui pelaku kejahatan. Ini cara mencegah hacker medsos Anda.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 29 Agustus 2022  |  21:50 WIB
Ini 8 Tips Memperkuat Keamanan Akun Instagram
Cara menjaga keamanan aplikasi Instagram - Ilustrasi/mirror.co.uk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Instagram merupakan aplikasi populer untuk membagikan momen atau konten Anda, namun terkadang Anda pasti dipertemukan dengan beberapa masalah yang menyangkut privasi. 

Misalnya, akun Instagram yang terkena web phising membuat semua data pribadi Anda akan diketahui pelaku kejahatan dan lebih parahnya lagi kondisi ini memungkinkan Anda untuk diperas secara online. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips yang dikutip dari help.instagram.com pada Senin (29/8/2022), sebagai berikut :

- Pilih kata sandi yang kuat dengan menggunakan kombinasi setidaknya kata sandi Anda memiliki angka, huruf, dan karakter khusus (seperti [email protected]%). 

- Ubah kata sandi Anda ketika melihat pesan dari Instagram yang meminta Anda untuk melakukannya, karena biasanya Instagram akan pemeriksaan keamanan otomatis dan bisa saja mendeteksi bahwa akun Anda digunakan orang lain. 

Hal ini sebagai bantuan untuk menjaga keamanan akun Anda dan mencegah akun diretas di masa yang akan datang:

- Aktifkan fitur autentikasi dua faktor untuk keamanan akun tambahan.

- Pastikan akun email Anda aman, karena siapa pun yang dapat membaca email Anda mungkin juga dapat mengakses akun Instagram Anda. 

- Unduh data Anda untuk menyimpan cadangan data Anda dengan meminta salinan semua yang telah Anda bagikan di Instagram dalam format HTML atau JSON yang dapat dibaca mesin. 

Catatan: Anda memerlukan kata sandi akun Instagram Anda untuk meminta informasi ini.

- Jangan lupa keluar dari Instagram saat Anda menggunakan komputer atau ponsel orang lain yang digunakan untuk login.

- Perlu diingat, jangan centang kotak "Ingat saya" saat masuk dari komputer umum atau ponsel orang lain, karena ini akan membuat Anda tetap masuk bahkan setelah Anda menutup jendela browser.

- Jangan pernah memberikan kata sandi Anda kepada seseorang yang tidak Anda kenal dan percayai serta pikirkan sebelum Anda mengizinkan aplikasi pihak ketiga dari mana pun. 

Adapun, jika Anda merupakan seseorang yang sangat aware terhadap keamanan Instagram, maka Anda bisa mengaktifkan fitur privasi akun agar meminimalisir kejahatan di Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

instagram Medsos aplikasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top