Ini Fitur Perlindungan Keamanan WhatsApp yang Sudah Ada

Rahmi Yati
Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:37 WIB
Pesan WhatsApp
Pesan WhatsApp
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp hari ini mengenalkan fitur baru yang bertujuan melindungi pesan pengguna dengan lebih optimal. Lewat fitur baru ini, pengguna bisa memiliki lebih banyak kontrol atas percakapan mereka dan menambahkan lapisan perlindungan saat mengirim pesan.

CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan beberapa fitur baru Whatsapp yang dikenalkan antara lain keluar dari grup tanpa notifikasi, mengontrol siapa yang dapat melihat saat online, dan pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat.

"Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman layaknya percakapan tatap muka," katanya Selasa (9/8/2022).

Namun sebelum mengenalkan fitur-fitur baru tersebut, ada sejumlah lapisan perlindungan atau keamanan yang selama ini sudah tersedia dan tentunya bertujuan menjamin kerahasiaan dan keamanan pesan pengguna.

Simak kelebihan fitur Whatsapp terbaru:

1.Fitur enkripsi end-to-end

Fitur ini selalu melindungi percakapan pribadi pengguna di perangkat apa pun sehingga tidak seorang pun, bahkan WhatsApp, yang dapat melihat atau mendengar percakapan pribadi pengguna, kecuali penerima yang dituju.

2.Cadangan yang Terenkripsi

WhatsApp menawarkan kemampuan untuk mencadangkan riwayat obrolan dengan enkripsi end-to-end, sehingga riwayat percakapan jadi lebih aman dan hanya dapat diakses oleh pengguna dengan kata sandi atau kunci enkripsi.

Tidak ada layanan perpesanan lain di skala WhatsApp yang memberikan tingkat keamanan tambahan ini untuk pesan pengguna.

3.Verifikasi Dua Langkah

Untuk perlindungan lebih, fitur verifikasi dua langkah memberikan pengguna opsi untuk mengatur PIN enam digit unik yang dapat digunakan saat kembali mendaftarkan nomor telepon dengan WhatsApp. Fitur opsional ini memberikan lapisan keamanan tambahan ke akun WhatsApp mereka.

Meski memiliki beragam fitur keamanan, Mark mengklaim pihaknya terus fokus membangun fitur-fitur produk yang memungkinkan pengguna untuk memiliki lebih banyak kontrol dan privasi atas pesan mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, WhatsApp telah menambahkan lapisan perlindungan yang saling terkait untuk membantu menjaga percakapan pengguna tetap aman.

"Dengan lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia yang mengandalkan WhatsApp untuk melindungi pesan mereka, WhatsApp berkomitmen untuk menjaga privasi pesan yang dibagikan pengguna dengan jaringan keluarga dan teman dekat mereka," tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper