CEO XL Axiata: W20 Bantu Pemerintah Atasi Kesenjangan Digital di Pedesaan

Wahyu Arifin
Senin, 18 Juli 2022 | 23:23 WIB
CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini/XL Axiata
CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini/XL Axiata
Bagikan

Bisnis.com, SIMALUNGUN - Women 20 (W20), engagement group pertama dari Presidensi G20 Indonesia yang Desember lalu mengadakan kick off meeting, akan menggelar KTT di kawasan destinasi super prioritas Danau Toba, Sumatra Utara, 19-21 Juli 2022. 

Co-Chair W20 Indonesia yang juga CEO XL Axiata, Dian Siswarini berharap agenda W20 Summit ini dapat menciptakan komitmen, kebijakan hingga rekomendasi menjadi fokus utama G20 terhadap empat poin penting. 

Pertama, mendorong kesetaraan, keamanan, dan kesejahteraan dengan menghapus diskriminasi yang menghambat partisipasi perempuan dalam perekonomian. Kedua, mencapai inklusi ekonomi dengan mendukung UMKM yang dimiliki dan dikelola oleh perempuan. 

Ketiga, mengatasi kerentanan untuk meningkatkan ketahanan, dengan fokus pada perempuan penyandang disabilitas dan perempuan pedesaan. Keempat, seruan terhadap kesetaraan gender terkait Kesehatan.

Dian mengatakan, untuk memberdayakan perempuan pedesaan dan mencapai kesetaraan gender  utamanya di bidang ekonomi, perlu ada kemudahan akses pembiayaan dan digitalisasi. 

“Tentunya kita bicara mengenai edukasi dan yang terpenting juga infrastruktur digital. Edukasi terkait literasi digital, literasi keuangan harus didukung dengan perbaikan infrastruktur digital. Isu mengenai kesenjangan infrastruktur digital menjadi isu global yang dibawa Presidensi G20 Indonesia,” jelas Dian, Senin (17/7/2022). 

Menurutnya, literasi dan adopsi teknologi digital di kalangan perempuan membuat mereka bisa berdaya terutama dalam membangun bisnis yang sedang dirintis. Saat ini, W20, lanjut Dian selain memberikan bantuan permodalan bagi UMKM yang dikelola perempuan juga memberikan bantuan pendampingan. 

“Jadi kita ingin UMKM kita berdaya dan tumbuh berkembang dengan membuat UMKM memiliki networking dan pasar yang luas. Jadi ada dua yang akan kita dorong, UMKM go digital dan go global,” kata Dian. 

Namun, Dian mengakui untuk mencapai itu tidaklah mudah dan penuh tantangan. Menurutnya, pemerintah dan swasta harus berkolaborasi untuk mengakselerasi digitalisasi, utamanya di kawasan pedesaan. 

“Kami di XL Axiata membantu pemerintah melalui platform namanya sisternet. Ini platform yang bisa diakses para perempuan untuk mereka belajar mengenal internet dan menggunakannya guna meningkatkan taraf hidup, misalnya untuk belajar, untuk mengajari anaknya, untuk berjualan di e-commerce dan sebagainya,” tambah Dian. 

Bersama dengan pemerintah, XL sambung Dian akan terus membangun infrastruktur digital di daerah-daerah dan membantu pemberdayaan melalui edukasi sehingga bisa memanfaatkannya. 

Dalam W20 Summit ini, sejumlah pejabat tinggi dijadwalkan akan hadir di pertemuan tersebut, di antaranya Menteri KPPPA RI Bintang Puspayoga, Menko Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Pandjaitan dan  Menko Parekraf RI Sandiaga Uno. 

Rencananya akan hadir juga Menkop UKM RI Teten Masduki, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan hadir di acara penutupan W20 Summit untuk menerima komunike.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Wahyu Arifin
Editor : Wahyu Arifin
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper