Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apple Kantongi Hak Paten Layar Tahan Lembab dan Guyuran Hujan

Apple telah mengantongi hak paten untuk layar tahan lembab bahkan di bawah guyuran hujan.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 06 Juli 2022  |  12:37 WIB
Apple Kantongi Hak Paten Layar Tahan Lembab dan Guyuran Hujan
Toko resmi Apple di salah satu pusat perbelanjaan di Moscow, Rusia - Times of Israel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple baru-baru ini menerima hak paten soal teknologi layar yang tahan akan kelembapan bahkan di bawah guyuran hujan.

Paten tersebut dikeluarkan oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS yang menyebutkan teknologi ini dapat memodifikasi fungsionalitas perangkat elektronik karena paparan kelembapan.

Saat ini memang sudah banyak ponsel yang mengantongi sertifikasi tahan air. Namun bukan berarti itu membuatnya mudah untuk mengetik di layar atau dengan jari yang basah.

Dilansir dari laman Fossbytes, Rabu (6/7/2022), dikatakan bahwa dengan adanya paten baru ini, Apple berencana untuk menyesuaikan layar iPhone dengan kelembapan apakah itu hujan ringan, basah kuyup yang terus-menerus, atau jika perangkat digunakan di bawah air.

Nantinya, kontrol di layar dapat berubah sesuai dengan tombol yang dipilih pengguna sehingga pengetikan bisa lebih akurat ketika layar dalam kondisi basah. Apple juga sepertinya akan menyesuaikan tekanan jari dengan layar dalam skema penggunaan di saat hujan.

Bukan saja saat hujan, nantinya teknologi ini juga memungkinkan penggunaan ponsel di dalam air dengan lebih baik. Apple akan memberikan keterangan kedalaman air tempat perangkat berada sehingga pengguna bisa tetap menyesuaikan penggunaan sesuai dengan batas ketahanan air perangkat tersebut.

Lebih lanjut aplikasi kamera iPhone menawarkan pengaturan berbeda untuk mode 'basah', 'bawah air', dan 'kering'. UI kamera akan mengubah pengaturan yang dipilih berdasarkan berbagai mode.

Misalnya, dalam mode basah, fitur tertentu yang dapat menyebabkan gangguan dihapus dari UI-nya. Sebaliknya, dalam mode bawah air, perangkat mungkin mengganti kontrol dengan ikon ekstra besar, sehingga lebih mudah untuk diaktifkan di bawah air meskipun menawarkan fungsionalitas terbatas dan fitur yang lebih sedikit.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah teknologi ini akan muncul dalam perangkat terbaru Apple dalam waktu dekat atau tidak. Sebagaimana sebelumnya, Apple telah menerima banyak paten selama bertahun-tahun, dan tidak semuanya menghasilkan peningkatan teknologi dengan implementasi instan.

Meskipun perusahaan akan berusaha untuk memastikan fungsionalitas maksimum dan kepentingan terbaik konsumennya, tetapi tampaknya masih perlu waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple paten iphone
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top