Apple Pesan Jutaan Panel OLED Samsung, Buat Layar iPhone 14?

Khadijah Shahnaz
Senin, 27 Juni 2022 | 15:51 WIB
Warga melewati bagian depan salah satu toko Apple di New York, Amerika Serikat/The Verge
Warga melewati bagian depan salah satu toko Apple di New York, Amerika Serikat/The Verge
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - iPhone 14 sepertinya akan menjadi produk terbaru Apple yang memakai panel OLED sejalan dengan perusahaan dikabarkan memesan puluhan juta panel OLED dari produsen teknologi asal Korea Selatan, Samsung.

Dilansir dari GSM Arena, Senin (27/6/2022), Samsung dikabarkan mendapatkan pesanan 80 juta panel OLED untuk iPhone 14. Pengiriman serta produksi panel tersebut diperkirakan akan diselesaikan pada kuartal III/2022.

GSM Arenan memperkirakan tahun ini akan hadir empat model iPhone 14, yaitu dua model versi reguler dan dua model versi pro, keempat model iPhone tersebut juga akan menggunakan panel OLED dari Samsung.

OLED sendiri merupakan singkatan dari Organic Light-Emitting Diode. Layar OLED menggunakan teknologi terbaru dimana tidak adanya lampu latar di panelnya, sehingga masing-masing pixel dari layar ini mampu menyala sendiri.

Alhasil panel OLED mempunyai ketajaman warna hingga resolusi yang jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan panel IPS.

Apple juga dikabarkan tidak akan merilisi Phone mini tahun ini, hal ini dikarenakan varian Mini menjadi kurang diminati.

Berdasarkan laporan terbaru yang beredar, paling tidak ada 38,17 juta panel yang akan dipakai keempat model iPhone.

Panel buatan Samsung tersebut akan menggunakan teknologi OLED dengan basis LTPS-TFT serta LTPO-TFT. Hanya saja, belum diketahui detail spesifikasi layar yang akan ada pada ponsel iPhone 14 ini.

Laporan lain menyebutkan ponsel terbaru akan menggunakan panel BOE OLED, Apple dikabarkan sedang menilai panel itu untuk dipakai di iPhone 14. iPhone 14 juga akan memiliki layar seluas 6,1 inci, dua lainnya 6,7 inci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper