Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Review Acer Nitro 5, Laptop Gaming Paling Populer di Asia Tenggara

Acer Nitro 5 seri AN515-57 terbilang menjadi salah satu laptop gaming yang menjadi incaran para gamers.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 23 Juni 2022  |  11:52 WIB
Review Acer Nitro 5 seri AN515-57 - acer
Review Acer Nitro 5 seri AN515-57 - acer

Bisnis.com, SOLO - Peminat game online terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal itu pun menjadikan kehadiran laptop gaming menjadi penting bagi sebagian orang.

Berdasarkan laporan We Are Social, Indonesia menjadi negara dengan jumlah gamers terbanyak ketiga di dunia.

Melansir dari laporan iPrice Group, terjadi juga kenaikan search interest masyarakat Indonesia terhadap laptop gaming, yaitu sebesar 28% pada tiga bulan pertama tahun 2022 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019.

Puncak minat masyarakat terhadap laptop gaming terjadi di bulan Agustus 2020 dan Juli 2021, dimana masing-masing memiliki kenaikan mencapai 109% dan 90%.

Kenaikan ini pun terlihat secara signifikan di tengah pembatasan sosial Covid-19, yang mengharuskan masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Dari hasil riset iPrice, Acer Nitro 5 menjadi laptop gaming yang paling populer di Asia Tenggara, terutama di negara Indonesia, Singapura, dan Filipina.

Acer Nitro 5 seri AN515-57 menjadi yang paling banyak dicari gamers di tahun 2021. Laptop dirilis di Indonesia dengan harga sekitar Rp15 jutaan.

Laptop terbaru ini didukung Intel® Core™ i9 processor hingga layar jernih beresolusi terbaru yaitu QHD dengan refresh 165Hz dan 100 % DCI-P3.

Acer Nitro 5 AN515-57 didukung oleh 11th Gen Intel® Core™ H-Series Processor yang punya clock speed sampai 4.80GHz. Untuk meningkatkan performan, prosesor ini juga punya arsitektur baru, yakni willow cove core 10nm SuperFin dengan 19 % gen-on-gen multithreaded.

Teknologi tersebut membuat 11th Gen Intel® Core™ H-Series Processor diklaim sebagai prosesor mobile single thread tercepat di dunia.

Prosesor ini juga dilengkapi dengan kemampuan overclocking lewat software Intel® Extreme Tuning Utilities (XTU) dan Intel® Speed Optimizer. T

Laptop ini memiliki RAM 16 GB DDR4 dan memori penyimpanan SSD NVMe dengan kapasitas 512 GB. Bahkan pengguna dapat mengganti RAM sampai kapasitas maksimal 32GB, atau memori penyimpanan yang terdiri dari dua slot SSD NVMe dan satu slot HDD SATA 2,5 inci.

Berkat kehadiran dua buah slot SSD ini membuat Nitro 5 dapat dengan mudah di-upgrade memori penyimpanannya di kemudian hari.

Kedua slot ini pun sudah didukung protokol NVMe yang dilengkapi dengan heatsink khusus SSD di masing-masing slotnya. Keberadaan heatsink khusus ini akan mencegah performa SSD menurun ketika temperatur laptop meningkat.

Untuk slot HDD SATA juga bisa ditambahkan jika merasa kapasitas penyimpanan masih kurang. Sementara itu, pada dua slot RAM juga disediakan bisa diisi sampai 32 GB RAM DDR4 3200 MHz.

Agar bermain game lebih lancar, Acer memberikan sistem pendingin yang lebih stabil agar dapat menuntaskan tugas berat dalam waktu lama. Keunggulan ini ditambah dengan aplikasi Nitrosense untuk memantau suhu dan mengatur sistem pendingin ketika laptop digunakan.

Pada bagian layar, terdapat panel Real IPS dengan ukuran 15,6 inci. Laptop ini memiliki resolusi QHD (2560 x 1440) yang membuat layar semakin jernih dan tajam.

Rasio layar ke bodinya juga sudah ditingkatkan menjadi 80% dengan tingkat kecerahannya mencapai 300 nits dan sudah didukung lewat DCI-P3 100%. Hadir juga fitur refresh rate 165Hz dan waktu respons 3ms yang membuat layar menampilkan transisi smooth.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget game laptop acer game online Review gadget
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top