Surge Milik Sequoia Perbesar Pendanaan Startup Minimal Rp44 Miliar

Khadijah Shahnaz
Kamis, 23 Juni 2022 | 21:04 WIB
Halaman muka website Sequoia India./sequoiacap.com
Halaman muka website Sequoia India./sequoiacap.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Surge, program pendanaan khusus startup tahap awal, milik Sequoia India dan Sequoia Asia Tenggara mengumumkan pembesaran pendanaan dari dikisaran US$1 juta - US$2 juta atau senilai Rp14 miliar hingga Rp28 miliar menjadi minimal US$3 juta atau senilai Rp44 miliar.

Managing Director Sequoia Capital India Rajan Anandan mengatakan dengan adanya pembesaran dana ini, akan memungkinkan program Surge menjangkau sekumpulan founder yang jauh lebih besar, termasuk founder yang baru memulai, serta founder yang ingin mengumpulkan modal tambahan.

Rajan menjelaskan program Surge ini diharapkan dapat relevan bagi para founder startup.

Dengan adanya naiknya pendanaan ini Surge berharap bisa memberikan para founder tahap awal landasan dan waktu yang mereka butuhkan untuk menemukan product-market fit dan membangun tim yang kuat sebelum mengumpulkan putaran pendanaan Seri A.

"Hal ini sangat penting di berbagai siklus market, dan bahkan lebih penting di saat sekarang dimana investor lebih berhati-hati dan putaran pendanaan selanjutnya akan memakan waktu lebih lama untuk ditutup," ujar Rajan dalam keterangan resmi, Kamis (23/7/2022).

Sehingga untuk para pendaftar Surge 08 dan Kohort selanjutnya dapat mengumpulkan hingga US$ 3 juta dari Surge untuk membantu para Founder mengumpulkan putaran yang lebih besar atau melakukan putaran yang lebih kecil, yang akan disesuaikan oleh kebutuhan startup tersebut.

Surge klaim 20 persen startup sedang melakukan pra-peluncuran ketika mereka mulai bermitra dengan Surge. Surge juga mengatakan telah bermitra dengan 246 founder dari 112 start-up termasuk 45 dari Asia Tenggara dan 64 dari India. Start-up dibawah naungan Surge secara kolektif telah mengumpulkan lebih dari US$1,5 miliar dalam putaran pendanaan lanjutan.

“Saat kami memperluas Surge, kami berharap untuk bermitra dengan startup masa depan yang akan mengubah ekosistem Indonesia di berbagai sektor. Selama tiga tahun terakhir, Surge telah bermitra dengan startup luar biasa dari Indonesia, termasuk Qoala, Lummo, Otoklix, Hangry, CoLearn, Durianpay, RaRa Delivery, Bobobox, Rukita dan lainnya,” ujar Rajan.

Dengan beranggotakan lebih dari 30 orang, Surge telah memperluas penawarannya menjadi sebuah produk seed yang ekstensif, menggabungkan program 16 minggu inti dan investasi seed ditambah kesempatan untuk memanfaatkan 50 tahun pengetahuan global Sequoia tentang apa yang diperlukan untuk benar-benar membangun perusahaan yang bertahan lama dari bawah ke atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper