Anak Usaha Telkom (TLKM) Suntik Rp395,7 Miliar ke Startup SwipeRx

Khadijah Shahnaz
Selasa, 21 Juni 2022 | 14:26 WIB
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anak usaha Telkom Indonesia (TLKM), MDI Ventures, ikut dalam pendanaan Seri B startup healtech SwipeRx bersama dengan investor lain dengan total US$27 juta atau setara Rp395,7 miliar.

SwipeRx, sebelumnya dikenal sebagai mClinica Pharmacy Solutions menargetkan untuk mengembangkan layanan di Indonesia dengan menggandakan jumlah mitra farmasi dari 8.000 ke 16.000 hingga akhir 2022.

Direktur SwipeRx Indonesia Oscar Ronald mengatakan selain MDI Ventures ada partisipasi dari investor global Bill & Melinda Gates Foundation, Johnson & Johnson Impact Ventures, Susquehanna International Group (SIG) serta investor-investor terdahulu.

Oscar menjelaskan pendanaan ini menjadi pencapaian penting bagi pertumbuhan SwipeRx. SwipeRx ingin hadir untuk membangun jaringan farmasi digital terbesar dan memberikan layanan logistik tercanggih untuk mitra apotek di Indonesia.

"Bersama, kita dapat meningkatkan kualitas ketersediaan dan keterjangkauan obat-obatan bagi puluhan juta masyarakat Indonesia," ujar Ronald, Selasa (21/6/2022)

SwipeRx adalah pionir solusi teknologi yang berpusat pada kebutuhan apotek, hadir dengan aplikasi berbasis komunitas farmasi.

SwipeRx saat ini hadir di 34 provinsi di Indonesia dan sudah melayani lebih dari sepertiga total apotek lokal dalam jaringannya. Saat ini sudah ada 8.000 apotek tergabung dalam jaringan SwipeRx, sedangkan 5.000 di antaranya sudah menggunakan fitur pengadaan pasokan obat dan kebutuhan apotek.

Sementara itu, CEO MDI Ventures Donald Wihardja menuturkan, MDI Ventures melihat potensi yang menjanjikan dengan solusi yang ditawarkan SwipeRx untuk mengatasi tantangan industri farmasi, terutama di Indonesia. SwipeRx dinilai mampu menghubungkan berbagai pemain, baik besar maupun kecil, dalam satu platform terintegrasi.

"SwipeRx memiliki jaringan apotek ritel terbesar, kapabilitas logistik berskala nasional, opsi pembiayaan, dan juga sistem terintegrasi untuk melayani bisnis apotek dengan maksimal,” ujar Donald.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper