Indosat Ooredoo Hutchison Buka Kelas Metaverse untuk Programmer

Rahmi Yati
Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:48 WIB
Pengunjung mencari informasi di salah satu gerai Indosat Ooredoo di Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Pengunjung mencari informasi di salah satu gerai Indosat Ooredoo di Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) kembali meluncurkan IDCamp 2022. Menariknya, tahun ini tersedia kelas React yang membantu para programmer membangun teknologi metaverse.

SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengatakan program ini dihadirkan untuk menyiapkan masyarakat Indonesia jadi talenta digital berkelas dunia dan mendukung terciptanya bangsa digital.

"Ada sesuatu yang menarik tahun ini yaitu adanya kelas React. Ini adalah kelas programmer yang jarang diberikan. Ini untuk membangun metaverse. Jadi kalau yang pengen bangun metaverse ikuti segera kelas ini," kata Steve saat peluncuran program, Jumat (27/5/2022).

Dia menyebut, tahun ini, IDCamp menargetkan lebih banyak penerima manfaat beasiswa coding online yaitu sebanyak 55.000 peserta. Tahun lalu, program ini telah berhasil mencatatkan 46.025 peserta beasiswa coding online, dengan menghasilkan lebih dari 110.000 total penerima manfaat sejak didirikan pada 2019.

Kali ini, sambung Steve, dengan program yang ditingkatkan, IDCamp 2022 tidak memiliki batasan usia untuk peserta, lebih banyak kelas coding, dan lebih banyak roadshow yang menargetkan kampus serta acara komunitas developer secara virtual.

"Bootcamp untuk komunitas penyandang disabilitas juga dilakukan kembali untuk memajukan inklusivitas program dalam mewujudkan misinya menciptakan talenta digital bersertifikat global di seluruh negeri," ucap dia.

Lebih lanjut Steve mengajak calon talenta digital berbakat Tanah Air untuk segera mendaftarkan dirinya dan mengikuti kelas yang dibuat salah satunya oleh Meta Developer Comnunity sehingga bisa membangun sesuatu yang lebih futuristik.

"Jangan sampai kita ketinggalan. Metaverse sudah di depan mata," tuturnya.

Sebelumnya, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menyatakan bahwa dirinya melihat IDCamp sebagai sarana untuk memberdayakan talenta digital masa depan.

Salah satu program CSR di pilar Pendidikan Digital ini, ujar Vikram, juga bertujuan untuk mengatasi kekurangan talenta digital bersertifikat global di Indonesia.

"Kami ingin menghadirkan kekuatan teknologi yang inklusif dan menyediakan serangkaian keterampilan digital yang diperlukan untuk para calon pemimpin masa depan yang akan berkontribusi pada ekonomi digital bangsa," imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam tiga tahun pertama pelaksanaannya, IDCamp berhasil mendapatkan 110.735 penerima manfaat, dengan hampir 30.000 developer bersertifikat di seluruh program. Sebanyak 1.538 developer difabel, 22,1 persen developer wanita, 28 persen partisipan dari luar Jawa, dan 81 persen partisipan berusia 18-25 tahun.

Tahun ini, peserta IDCamp 2022 bisa mendapatkan sertifikat global dengan lima tingkat keahlian mulai dari basic, beginner, intermediate, expert, dan professional dalam 8 spesialisasi pemrograman, yaitu Android Developer, iOS Developer, Web Developer, Machine Learning Developer, Multi-Platform Apps Developer, Front End Developer, Back End Developer, UI/UX Designer, Data Analytic, dan Data Scientist.

Pendaftaran beasiswa coding online dibuka mulai 27 Mei 2022, melalui idcamp.ioh.co.id. Setelah pendaftaran berhasil, peserta dapat langsung memulai pelatihan basic dan beginner hingga Agustus 2022.

Pelatihan tingkat intermediate akan dimulai pada September-Desember 2022, sedangkan tingkat expert dan professional akan dimulai dari November 2022 - Februari 2023. Selain pelatihan online, IDCamp 2022 juga akan menyelenggarakan roadshow virtual di kampus-kampus, virtual meet-up untuk developer 2022, rangkaian Developer Challenges, Bootcamp untuk Disabilitas, dan pelatihan untuk guru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper