Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Metaverse Butuh Kuota Internet Besar, Operator Seluler Makin Cuan

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebut metaverse membutuhkan kuota besar yang berdampak pada bisnis operator seluler.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 27 Mei 2022  |  08:35 WIB
Teknisi memasang perangkat Base Transceiver Station (BTS) di salah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020). - Bisnis/Paulus Tandi Bonern
Teknisi memasang perangkat Base Transceiver Station (BTS) di salah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020). - Bisnis/Paulus Tandi Bone\r\n

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menilai teknologi metaverse akan jadi salah satu use case baru bagi operator seluler. Sampai dengan saat ini, peluang bisnis yang akan diperoleh operator adalah dari peningkatan penggunaan kuota internet.

"Experience metaverse membutuhkan kuota besar," kata Ketua Umum APJII Muhamad Arif, Kamis (26/5/2022).

Menurutnya, metaverse akan sangat mendukung bisnis operator seluler untuk meningkatkan penggunaan layanan dari operator. Namun, hal itu harus diimbangi dengan skema bisnis yang bagus dan tidak terjebak pada perang harga.

Lebih lanjut Arif menyebut, tantangan terbesar bagi operator adalah adalah ketika metaverse makin masif dipergunakan di masyarakat. Sebab, operator seluler tentunya perlu meningkatkan kapasitas jaringannya di seluruh area layanannya.

Maka dari itu, sambung dia, penggelaran jaringan 5G akan terus berlangsung karena makin banyak pengguna seluler yang menggunakan perangkat 5G.

"Dengan beragamnya kondisi alam Indonesia, tentunya pemerataan internet dapat ditingkatkan melalui berbagai jaringan, baik itu melalui cellular, fixed broadband, maupun satelit," imbuh Arif.

Sebagaimana diketahui, Metaverse sendiri dikenal sebagai pertemuan dunia digital dan fisik. Teknologi ini menghadirkan sebuah ruang virtual tiga dimensi di mana para pengguna dapat berkumpul sebagai sekelompok avatar dan berinteraksi satu sama lain di lingkungan yang merupakan replikasi dari dunia fisik dengan sejumlah modifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apjii operator seluler metaverse
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top