Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hore! Apple Bakal Pakai Konektor USB Type C di iPhone, Kapan?

Apple diprediksi bakal menggunakan konektor umum USB Type-C pada 2023.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 17 Mei 2022  |  13:43 WIB
iPhone SE 2022 - Apple
iPhone SE 2022 - Apple

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar gembira buat kalian yang malas membawa lebih dari satu kabel pengisian daya untuk perangkat Apple dan power bank. Sebab, Apple kemungkinan besar akan meninggalkan konektor lighting yang eksklusif dan beralih ke konektor umum USB Type-C.

Melansir The Verge pada Senin (16/5/2022), kabar tersebut datang dari jurnalis Bloomberg Mark Gurman dan analis industri Ming-Chi Kuo. Mereka menyebut iPhone dengan colokan USB-C paling cepat hadir pada 2023.

Menurut Gurman, faktor utama Apple beralih menggunakan USB Type-C adalah regulasi di Uni Eropa. Kawasan tersebut sedang menyiapkan aturan undang-undang yang mewajibkan perangkat seluler yang beredar di sana hanya menggunakan satu jenis konektor untuk pengisian daya.

Oleh karena itu, kabar tersebut sebenarnya tak terlalu mengejutkan. Terlebih sejak beberapa tahun belakangan, Apple sudah menggunakan USB Type-C di beberapa perangkatnya, sebut saja iPad Air, iPad Pro dan iPad Mini.

Sebagai catatan, konektor lightning digunakan sejak 2012, tepatnya saat Apple meluncurkan iPhone 5. Sebelumnya, Apple menggunakan konektor panjang atau konektor 30 pin yang sudah digunakan sejak 2007.

Di sisi lain, Apple juga dikabarkan sedang mengembangkan iPhone yang tidak memiliki colokan pengisian daya. Apple diketahui sudah beberapa tahun mengembangkan teknologi tersebut, akan tetapi belum diketahui kapan perusahaan tersebut akan meluncurkannya.

Adapun, untuk iPhone yang akan meluncur dalam waktu dekat atau iPhone 14 kemungkinan akan hadir pada musim gugur. Seperti kebiasaan Apple setiap tahunnya saat meluncurkan iPhone terbaru.

iPhone 14 yang saat ini disebut menggunakan kode kode D27 dan D28, akan menggunakan layar sebesar 6,1 inci dan 6,7 inci. Kemudian dua model lainnya dengan kode D73 dan D74 dikabarkan sedikit lebih bear karena akan ada desain baru bernama "notch and pill".

Kemudian untuk dapur pacunya, Apple masih menggunakan chipset A15 seperti yang digunakan pada iPhone 13 dan iPhone SE 2022 untuk dua model termurah atau entry level. Adapun, untuk dua model lainnya akan menggunakan chipset terbaru yang kemungkinan besar adalah chipset A15X, alih-alih A16X.

Sebab, merujuk apa yang dilakukan pada 2020, Apple menamai ulang chip A12X menjadi A12Z untuk iPad Pro. Apple kemungkinan besar akan melakukan hal serupa untuk chip A15, bisa saja menjadi A15X untuk iPhone 14 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget apple iphone
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top